SABUROmedia, Bursel,– Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Provinsi Maluku Muhammad Latuapo., S.Pd.I., M.Pd secara resmi melantik Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AGPAII Buru Selatan Masa Bakti 2022-2027.

 

Kegiatan pelantikan pengurus DPD AGPAII Buru Selatan masa bakti 2022-2027 tersebut, berlangsung di Aula Kantor Bupati Buru Selatan. Sabtu, (17/12/2022).

 

Tema yang diusung pada acara pelantikan Pengurus DPD AGPAII Bursel Masa Bakti 2022-2027 yakni ; ” Membangun Soliditas Dan Solidaritas Guru PAI Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas Di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena “.

 

Turut hadir pada acara pelantikan Pengurus DPD AGPAII Bursel Masa Bakti 2022-2027 tersebut yakni, Bupati Bursel diwakili Asisten I, Achmad Sahubawa, Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku Muhammad Latuapo., M.Pd, serta Ibu Suharsih., S.Pd.I., M.Pd.I (Narasumber), Kepala Kemenag Bursel, Abdul Gani Wael., S.Pd, Kasi Pendis Kemenag Bursel. Ny Halima Alkatiri, Koordinator Pokja UT Bursel Said Sabi, Ketua Komisi C DPRD Bursel, Ridwan Nurdin, TNI/Polri dan tamu undangan lainnya.

 

Pengurus DPD AGPAII Bursel masa bakti 2022-2027 yang dilantik Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku Muhammad Latuapo yakni berjumlah; 34 orang yang dinakodai oleh Karmin Alwar, S.Pdi sebagai Ketua, La Muridu S.Pdi, M.Pd sebagai Sekertaris dan Dahlia Nurdin sebagai Bendahara.

 

Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku Muhammad Latuapo., M.Pd dalam sambutanya mengatakan, ucapan terima kasih atas terpenuhinya undangan pengurus DPD AGPAII Bursel, dan juga mengucapkan apresiasi kepada DPD AGPAII Bursel atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dapat terlaksana dengan baik, dan Saya selaku Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku sangat bangga pencapaian ini,

 

Selanjutnya Latuape mengatqkan, AGPAII memang adalah rumah besar yang didalamnya ada dua kamar yaitu Guru PAI dan Pengawas PAI serta juga didalamnya ada KKG, MGMP, dan PAI.

 

“AGPAII fungsinya mengadvokasi terkait kebijakan untuk GPAI dan PAI, seperti memperjuangkan PPG dan P3K bagi GPAI dan PAI,” jelas Latuapo.

 

Kemudian dikatakan Latuapo, kalau melihat dari nama dan tema kegiatan ini adalah merupakan hal wajib yang dilakukan oleh semua organisasi untuk memulai pembentukan pelantikan dan menyusun programnya, maka demi kemajuan dan kualitas pembelajaran PAI di kelas-kelas kita nantinya,” paparnya.

 

“Olehnya itu dikesempatan tersebut Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku Muhammad Latuapo berharap dan menaruh harapan yang besar kepada pengurus DPD AGPAII Bursel yang didukung dengan sepenuhnya oleh Kasi Pendis Kemenag Bursel untuk setelah pelantikan ini dapat merumuskan program kerja yang realistis dan berpihak pada GPAI dan Murid,” ujarnya.

 

Dikesempatan itu pula Latuapo menyampaikan, kepada seluruh guru PAI agar selalu mengikuti tren perkembangan pendidikan masa kini, dan program-program unggulan dari Kemendikbud RISTEK,” ajak Ketua DPW AGPAII Maluku itu.

 

Lebih jauh Ketua DPW AGPAII Maluku berharap, kepada bapak/ibu GPAI dapat berkompetisi dan mengambil peran, baik sebagai guru penggerak maupun pendamping guru penggerak, dan juga selalu mengupdate informasi sehingga tidak ketinggalan dengan program-program unggulan,” harapnya.

 

Ketua DPW AGPAII Provinsi Maluku diakhir sambutanya menyampaikan, kepada seluruh pengurus DPD AGPAII Bursel agar pada saatnya nanti  merumuskan program kerja, tidak perlu banyak-banyak namum dipastikan dapat terlaksana dan benar-benar berpihak pada peningkatan mutu GPAI, serta marilah kita membantu Kemenag dan Dinas Pendidikan dalam mewujudkan merdeka belajar dan profil belajar pancasila yang digalakkan pemerintah saat ini,” pesannya.

 

Kemudian dalam kegiatan pelantikan Pengurus DPD AGPAII Bursel Masa Bakti 2022-2027 itu Bupati Buru Selatan Hj. Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I, Achmad Sahubawa Mengatakan, Sebagaimana kita ketahui bersama AGPAII merupakan Organisasi profesi Guru pendidikan Agama Islam yang merupakan wadah pemersatu Guru Pendidikan Agama Islam di Indonesia.

 

Oleh sebab itu diharapkan agar AGPAII Bursel dapat membantu mempersiapkan generasi yang unggul, cerdas dan berakhlak sebagai generasi pelanjut peradaban yang ada di Kabupaten Bursel, sehingga bisa mampu bersaing di era globalisasi ini,” sambungnya.

 

Selanjutnya dikatakan Sahubawa, Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada AGPAII serta mendukung program AGPAII dalam memberdayakan SDM guru untuk terus meningkatkan kemampuan dirinya,” ucapnya.

 

” Dan lewat wadah AGPAII ini diharapkan akan tercipta guru-guru pendidikan agama Islam yang profesional, mandiri, dan melek teknologi,” ajak Sahubawa.

 

Kemudian dijelaskan Sahubawa, Pendidikan yang berkualitas akan tercapai jika para gurunya memiliki kemampuan dan kompetensi yang memadai.

 

Tambahnya, tidak bisa di pungkiri guru merupakan unjung tombak pembangunan peradaban, olehnya itu hadirnya AGPAII di Kabupaten Bursel ini, diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi Pemerintah daerah, dan juga mampu berkontribusi dan berkolaborasi baik dengan pemerintah daerah serta semua stakeholder yang ada di Kabupaten Bursel, demi tercipta pendidikan yang berkualitas,” ungkap Sahubawa.

 

Dikesempatan itu pula Sahubawa berharap, AGPAII Buru Selatan mampu menjadi wadah dalam membangun pendidikan di semua jenjang mulai dari tingkat sekolah dasar sampai pada tingkat sekolah Menengah Atas, maka kontribusinya harus bermanfaat bagi seluruh komponen bangsa secara umum dan lebih khususnya bagi Kabupaten Buru Selatan ini,” harapannya.

 

Diakhir sambutanya Asisten I, Achmad Sahubawa mengatakan, para dewan guru yang tergabung dalam AGPAII Buru Selatan ini nantinya menjadi guru yang mandiri dan profesional, serta tetap menjaga kualitas pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam,” tutupnya. (SM/AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *