SABUROmedia, Namlea — Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kab. Buru melaksanakan kegiatan Latihan Mujahid Dakwah (LMD) 1 yang dimulai hari ini, Rabu  hingga Jum’at nanti (13 – 15 Oktober 2021) dengan sorotan tema ” Membentuk generasi Millenial berintegritas yang siap membangun Bupolo dari Masjid ” di Aula Kantor Kemenag Kab. Buru, Kota Namlea.

Hal ini sesuai dengan arahan Direktur Nasional LPPDSDM DPP BKPRMI, Ust Nanang Mubarok.,S.Hi dalam rangka realisasi Program Kerja Prioritas Nasional Kaderisasi DPP BKPRMI Periode 2018 – 2022 sebagai Tahun Kebangkitan Kaderisasi BKPRMI dan implementasi dari Grand Desain Sistem Kaderisasi BKPRMI sebagaimana amanah Khittah Perjuangan BKPRMI maupun Anggaran Dasar (Bab IV Pasal 9 & Bab V Pasal 10-11) serta Anggaran Rumah Tangga (Bab II Pasal 4, 5, 7, 10 & Bab III Pasal 14, 19, 22, 24).

Asynawi Syam, Ketua Panitia Kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan segala ikhtiar yang sudah diupayakan, dimana sebelumnya sudah dua kali pergantian Carateker BKPRMI Kab. Buru yang sempat vacum, sangat bersyukur bahwa kegiatan ini akhirnya dapat terlaksananya juga hari ini, Rabu (13/10/2021).

Menurutnya, sebagai sarana pengkaderan BKPRMI, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan kader dakwah BKPRMI yang siap untuk dapat berpartisipasi aktif untuk terjun ke Medan dakwah, dan ikut berkontribusi dalam perbaikan Ummat di bumi Bupolo, pungkasnya.

Sementara itu, Carateker Ketua BKPRMI Kab. Buru, Ustad Fawzan Abdurrahman., S.Sos.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilangsungkan hari ini akan berjalan simultan sampai tiga hari kedepan dengan rangkaian berbagai agenda, sekaligus mengisi HUT Ke-22 Kabupaten Buru, ujarnya.

Dimulai LMD, Musda, Pelantikan dan Rakerda, Khatib Jum’at serta Gerakan Shalat Shubuh Berjama’ah, dalam ikhtiar bahwa Remaja Masjid merupakan element yang penting dalam tubuh ummat, untuk mewujudkan regenerasi masa depan Islam yang sesuai dengan nilai keislaman itu sendiri, tambahnya.

” Remaja Mesjid (Remas) harus bangkit, Insya Allah lewat BKPRMI kita ikhtiarkan agar Remas di Bumi Bupolo ini bisa kembali hidup, dan meramaikan masjid – masjid di Bumi Bupolo ini dengan kegiatan Remaja, dan Pemuda yang progresif ” ungkap Careteker Ketua BKPRMI Kab Buru, yang juga anggota Baznas Kab Buru ini.

Selain itu, mewakili Ketua Umum DPW BKPRMI Maluku, Sekretaris Wilayah LPPDSDM BKPRMI Maluku, Ust Fajar Tanssy., S.Hi membacakan sambutan Ketua DPW BKPRMI Maluku dalam point sambutannya menyampaikan bahwa BKPRMI hari ini butuh banyak kader – kader penggerak ummat, harus bangkit, kreatif dan inovatif untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah maupun Ormas/ OKP Islam yang ada, ujarnya.

Berbagai kegiatan kita dorong dalam rangka menjadi inspirator maupun motivator bangkitnya Aktifis Masjid ungkapnya, dan mensosialisasikan agenda-agenda BKPRMI, mulai dari BKPRMI Goes to Masjid, Kajian Reguler Majelis Mudzakaroh, Talkshow Inklusi Keuangan Syariah LPPEKOP, Jalan santai dan Ziarah Makam Syuhada, Tarhib Ramadhan 1442H yang menghadirkan Ust Syaikh Al Masry dari Palestina, Program Gebyar Ramadhan Maluku 1442H berupa Lomba Cerdas Cermat (LCC) Keuangan Syariah Antar Pemuda Remaja Masjid Se-Pulua Ambon dan Ceramah Online (Kultum) Inklusi Keuangan Syariah Umum bersama OJK dan Lembaga Keuangan Maluku, Safari Ramadhan 1442H Nuzulul Qur’an Untuk Kemanusiaan bersama Ust Cecep Maulana (Pengasuh Acara ” Islam Itu Indah ” – Trans TV), Dzikir & Do’a Solidaritas Muslim Maluku Bela Palestina Bersama MUI, Ormas & OKP Islam Provinsi Maluku, BKPRMI Peduli Nakes Khusus Covid-19, Pondok Pesantren, Imam dan Remaja Masjid dalam rangka HUT Ke-76 RI dan Provinsi Maluku, Program Paket Sembako & Insentif masa Pandemic bagi warga terdampak, I’tikaf Ramadhan, FASI (Festival Anak Sholeh Indonesia), Turnamen Futsal Antar Remaja Masjid Memperebutkan Piala Kakanwil Kemenag Maluku, Jambore Pemuda Remaja Masjid dan masih banyak lagi agenda BKPRMI kedepan, jelas Pelatih Silat Tapak Suci ini.

Di akhir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru, yang diwakili oleh Kasie Binmas Islam Kemenag Kab. Buru, Ustad Hasan Karepesina., S.Ag membuka secara resmi acara LMD-1 dan Musda DPD BKPRMI Kab Buru. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa saat ini di Buru sangat dibutuhkan tenaga da’i yang banyak, sebab sebagai contoh ketersediaan Khatib Jum’at saja masih terbatas, termasuk tenaga yang dibutuhkan untuk mengurusi khifayat, dimana harus menunggu Bapak Imam yang juga terbatas, ungkap beliau.

Beliau melanjutkan, di era tekhnologi saat ini degradasi moral dan nilai begitu tampak ditengah masyarakat sehingga dibutuhkan anak-anak muda yang mau mengambil peran dalam rangka perbaikan ummat, ditambah lagi persoalan seperti masalah Ekonomi dan lainnya, tambahnya.

” Permasalahan Ummat sangat Kompleks, dibutuhkan tenaga muda yang disiapkan untuk mau berpartisipasi, dan bersinergi bersama semua elemen untuk sama-sama memajukan, dan menyelesaikan permasalahan yang ada, termasuk membina Iman Masyarakat yang kian hari terdegradasi dengan semarak kemajuan Teknologi ” tutup Kasie Binmas Kemenag Buru ini (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *