SABUROmedia, Ambon — Universitas Pattimura melaksanakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas Sebagai upaya mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berlangsung di Aula Lantai II Rektorat Kampus Unpatti, Senin (03/06/2024).

 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Para pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Di Maluku, Para pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Tenaga Pendidik serta Kependidikan dalam lingkup Universitas Pattimura.

 

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd dalam sambutan mengatakan penerapan zona integritas menuju WBK dan WBBM bukan hal baru, implementasinya sejak tahun 2017 dan Universitas Pattimura di tahun ini akan menerapkan zona integritas secara konsisten di tingkat fakultas dan rektorat akan menjadi contoh penerapan WBK dan WBBM, ungkapnya.

 

Sebagaimana tata nilai pengembangan dan penetapan visi – misi UNPATTI tahun 2023 – 2027 dengan 4 kebijakan utama dalam upaya pengembangan UNPATTI salah satunya adalah tata kelola yang memiliki keterkaitan dengan Penerapan zona intregritas, sambungnya.

 

“ Tata kelola yang dimaksudkan adalah tata kelola manajemen, yang menitikberatkan pada kualitas layanan akademik dan layanan non akademik serta pencapaian Good University Development, “ tambahnya.

 

“ Indikator utama dari pada penataan tata kelola manajemen ini adalah memberikan kepuasan kepada pengguna layanan yaitu masyarakat umum dan lebih utamanya adalah Mahasiswa, yang bermuara pada peningkatan kualitas mahasiswa sehingga mahasiswa merasa dilayani dengan baik oleh Dosen maupun tenaga kependidikan baik dalam bidang Tri-dharma Perguruan Tinggi maupun pelayanan-pelayanan administratif lainnya yang sesuai dengan standar-standar prosedur layanan, fasilitas penunjang pelayanan menuju zona integritas, “ jelas Rektor.

 

Dikatakannya pula, setelah sosialisasi yang dilaksanakan hari ini, maka akan dilakukan pencanangan Zona Integritas dengan harapan adanya komitmen bersama untuk mewujudkan WBK-WBBM melalui reformasi birokrasi serta peningkatan SDM di Maluku. Maluku untuk Indonesia, dan Indonesia Untuk Dunia.

 

“ Semoga dengan kegiatan ini kita bisa menciptakan generasi emas Indonesia di 2045, ” harapnya.

 

Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber, Mohamad Ali Akbar., SE., MBA (Analis Kebijakann Ahli Muda) dalam materinya terkait dengan Strategi Perceptan Reformasi Birokrasi Melalui Pembangunan Zona Integritas, menjelaskan apa saja langkah strategis dalam membanguan zona integritas serta Alur Penilaian Zona Integritas Menuju WBK-WBBM.

 

Sedangkan Zulfahmi., SE (Analis Jabatan), menyampaikan Materi tentang aplikasi yang di gunakan dalam pengelolaan zona integritas di lingkungan Kemendikbudristek.

 

Beliau menjelaskan bagaimana aplikasi yang digunakan dapat mempermudah Satker untuk mengelola zona integritas sehingga dengan mudahnya setiap satker dapat menguplod dokumen yang terkait dengan lembar kerja evaluasi integritas dan hasilnya dapat langsung di pantau oleh setiap satker. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *