SABUROmedia, Ambon — Tahun 2024 merupakan tahun pertama Calon Jemaah Haji (CJH) Provinsi Maluku diberangkatkan langsung menuju Arab Saudi, semenjak ditetapkan menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA).

 

Penetapan Maluku menjadi kawasan EHA ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 164 Tahun 2024 Tentang Penetapan Bandara Embarkasi Haji Antara Tahun 1445H/2024M.

Dengan hadirnya KMA, penyelenggaraan haji tahun ini, para jemaah dari Maluku tidak lagi masuk Asrama Haji Embarkasi Makassar, untuk mengurus administrasi pelayanan ibadah haji, karena proses penyelesiannya sudah dapat dilakukan di EHA Waiheru, Ambon.

 

Selain itu, jemaah haji hanya transit untuk ganti pesawat di Makassar kemudian terbang menuju Arab Saudi.

 

Upaya ini juga tak lepas dari dukungan Gubernur Maluku Periode 2019 – 2024, Irjen. Pol (Purn) Murad Ismail terhadap Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku dalam berproses sampai ditetapkannya Provinsi Maluku sebagai EHA oleh Kementerian Agama RI.

 

“ Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak Irjen Pol. (Purn) Murad Ismail atas perjuangannya dan kerja keras beliau, sehingga Provinsi Maluku ditetapkan sebagai Embarkasi Haji Antara. Dan tahun ini, Bapak/ Ibu calon Jemaah haji dapat diberangkatkan dari Maluku langsung ke Arab Saudi,” demikian hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin saat menyampaikan laporan keberangkatan calon Jemaah haji Maluku, di Asrama Haji Waiheru, Jumat (31/05/2024).

 

Yamin juga menyampaikan terima kasih, sebelum berakhir masa jabatannya, Irjen Pol. (Purn) Murad Ismail telah menandatangani berbagai macam dokumen terkait persiapan penyelenggaraan haji di Provinsi Maluku.

 

“ Atas nama keluarga besar Kementerian Agama dan jajarannya menyampaikan, semoga amal ibadah Bapak dan semua pihak yang telah membawa Maluku menjadi Embarkasi Haji Antara mendapatkan tempat di sisi Allah SWT,” tandasnya. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *