SABUROmedia, Bursel, — Setelah Sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan kepada Tim Pembekalan Kelompok Kerja (Pokja) Sustainable Development Goals (SDGs) Pemerintah Desa (Pemdes) Selasi Kecamatan Ambalau Kabupaten Buru Selatan melepaskan Tim Relawan Pendataan SDGs Desa untuk mendata pada rumah-rumah warga guna untuk mensosialisasikan serta pendataan pada setiap Kepala keluarga.

Sebagaimana yang di bunyikan pada Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2021, Permendes Nomor 13 Tahun 2021 dan Permendes Nomor 21 Tahun 2021 dengan berbasis Program Baru dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah yang tertinggal.

Kepala Desa Selasi Safrin Lesilawang, S.Sos mengatakan kepada media ini Sabtu. 13/11/2021, Kegiatan pendataan berbasis SDGs Desa ini digelar pada tanggal, 10/5/2021 yang lalu.

Lanjut Kades, dalam pelaksanaan kegiatan pendataan tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mengutamakan memakai masker, menjaga jarak untuk menekan angka penyebaran penularan virus Covid-19.

Adapun Tim Relawan Pendataan melaksanakan pendataan berbasis SDGs Desa pada wilayah kerja Desa Selasi, “jelas Safrin.

SDGs Desa merupakan upaya pembangunan guna mewujudkan desa Tanpa Kemiskinan kelaparan, Ekonomi merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Desa Ramah dengan Perempuan, Desa Berjejaring, Desa tanggap untuk percepatan pencapaian pembangunan berkelanjutan, “papar Safrin.

Selain itu kata Safrin, program ini berjalan sesuai dengan penerapan yang telah direncanakan sebelumnya, dan akan berdampak positif bagi masyarakat.

Menurutnya, pendataan SDGs Desa ini penting dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) salah satunya Desa Selasi melalui Tim Relawan Pendataan SDGs Desa yang telah dibentuk di tingkat Desa.

Kemudian dirinya berharap, pendataan ini menghasilkan data sesuai dengan kondisi dilapangan Fakta sehingga nantinya program dapat menunjang pembangunan desa dan pemberdayaan sesuai dengan pendataan SDGs Desa, “harap Kades Safrin.

“Mari kita wujudkan Desa Tanpa Kemiskinan, Ekonomi merata, Tanpa Kelaparan, Desa Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, “ajaknya. (SM/AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *