SABUROmedia, Ambon: Dialog yang dikemas dalam silaturahmi kekeluargaan digelar Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pelajar Mahasiswa Maluku Sulawesi Tenggara (Hipmmast) IAIN Ambon di gedung training centre IAIN Ambon, Minggu (06/08).

Dialog dengan tema ” Sejarah Orang Buton di Maluku dan Keberadaannya ini menghadirkan Budayawan Buton, La Yusri dan sejumlah tokoh masyarakat Buton di Maluku seperti, Prof. La Jama’a dan Anggota DPRD Maluku, Asri Arman.

La Yusri merupakan budayawan Buton yang banyak menulis rekam jejak sejarah Buton nusantara termasuk jejak sejarah orang Buton di Maluku. Ia kini tengah menempuh studi pascasarjana Universitas Indonesia.

Lawatannya di negeri para raja ini selain hadir memenuhi undangan sebagai narasumber dalam dialog kekeluargaan DPC HIPMMAST IAIN Ambon, La Yusri yang aktif sebagai penggiat kebudayaan ini juga tengah melakukan agenda ekspedisi kebudayaan di sejumlah tempat di Maluku seperti di Pulau Buru dan Pulau Seram.

” Dialog kekeluargaan ini merupakan napak tilas memahami sejarah keberadaan orang Buton di Maluku, terutama bagi generasi muda ditengah arus modernisasi saat ini dimana nilai-nilai budaya mulai tergerus karena kurangnya pemahaman akan sejarah, ” jelas Ketua DPC Hippmast IAIN Ambon, Nursela dalam sambutannya.

 

 

Ia pun mengajak untuk tidak melupakan sejarah asal usul kelahiran, terutama generasi muda yang menjadi pewaris sejarah agar dapat memelihara dan melestarikan nilai budaya yang diwariskan para leluhur.

Dialog kekeluargaan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama warga keturunan Sulawesi Tenggara di Maluku. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *