SABUROmedia, Bursel — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buru Selatan yang dipimpin Umar Alkatiri., SH menggelar syukuran memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang Ke-15 Tahun 2023, berlangsung di Kantor Bawaslu Setempat, Minggu malam (9/4/2023).

 

Turut hadir dalam acara HUT tersebut, Bupati Buru Selatan diwakili Asisten III Hamis Sowakil., SE, Kapolres Buru Selatan M. Agun Gumelar diwakili IPDA Rusman Aufat (Kaur Bin Ops Polres Bursel), Dandim 1506 Namlea, Dinas DukCapil, Kesbangpol, Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw, Sekertaris Bawaslu Bursel Supardi Salamun, Tokoh Agama, Ketua Panwascam Namrole dan anggota serta tamu undangan lainnya.

 

Pada kesempatan di suasana syukuran memperingati HUT Bawaslu ke-15 tahun tersebut, Ketua Bawaslu Buru Selatan Umar Alkatiri., SH diruang kerjanya kepada Media ini mengatakan, pengawasan demokrasi di Indonesia tidak lepas dari sumbangsih Bawaslu yang dulu dikenal dengan nama Panitia Pengawas Pelaksanaan atau disingkat (Panwaslak) Pemilu.

 

Lanjut Alkatiri, berdirinya Bawaslu dilatarbelakangi adanya krisis kepercayaan didalam pelaksanaan Pemilu dan pada era reformasi tuntutan penyelenggara pemilu yang bersifat mandiri tanpa dibayang-bayangi penguasa semakin kuat,” pungkasnya.

 

Kemudian sekilas Sejarah dikatakan Alkatiri, Bawaslu terbentuk sebelumnya atas dasar Undang-Undang Nomor 22 tahun 2007 tentang penyelenggara Pemilu dan atas dasar Undang-Undang tersebut, maka pada tanggal 9 April tahun 2008 Telah terbentuk Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara Pengawas Pemilu.

 

” Dan pada hari ini Minggu 9 April tahun 2023 adalah merupakan hari lahirnya Bawaslu, dimana pada hari ini Bawaslu berusia ke 15 Tahun,” ungkap Alkatiri.

 

Selanjutnya disampaikan Alkatiri, dan Insya Allah pada tanggal 15 Agustus 2023 nanti Bawaslu Kabupaten Kota seluruh Indonesia telah Berusia 5 Tahun dan juga termasuk Bawaslu Kabupaten Buru Selatan.

 

Sambungnya, dan harapan kami dengan usia Bawaslu ke-15 tahun ini, maka kedepan Bawaslu tetap ada dan tetap berkonsisten untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai lembaga pengawas pemilu didalam pelaksanaan penyelenggara pemilu, atas dasar yang telah diatur yang merupakan tugas, fungsi, dan wewenang Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu,” jelas Alkatiri (Ketua Bawaslu Bursel).

 

” Untuk itu dijelaskan Alkatiri, dari apa yang merupakan tugas, fungsi dan wewenang dari lembaga pengawas pemilu dalam hal ini Bawaslu dan jajarannya, maka pada Pemilu tahun 2024 Bawaslu tetap siap dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tekadnya.

 

Tambahnya, maka dengan itu saya secara pribadi dan selaku Ketua Bawaslu Buru Selatan sangat berharap sungguh kepada semua stakeholder di Daerah Kabupaten Buru Selatan, untuk kita sama-sama dapat melaksanakan pengawasan tahapan pemilu tahun 2024 ini dengan tetap berkomitmen bersama untuk menjaga dan mengawal pesta demokrasi pemilu tahun 2024 nanti, sehingga berjalan sesuai dengan yang kita inginkan bersama yaitu, sukses, berkualitas dan bermartabat,” harap Alkatiri.

 

Kemudian dikatakannya (Ketua Bawaslu), mungkin itulah yang saya sampaikan dan sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan terkhususnya masyarakat Buru Selatan yang telah sekian lama mendukung kami lembaga pengawas pemilu dalam hal ini Bawaslu Kabupaten Buru Selatan.

 

Dengan demikian Alkatiri mengatakan, ” Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” tutupnya. (SM/AL).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *