SABUROmedia, Ambon — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( BKPRMI) Provinsi Maluku menggelar Safari Dakwah Ramadhan 1444H sekaligus Ifhtar Bersama Majelis Taklim Binaan LPPTKA BKPRMI Maluku di Masjid Ar Rahim Dusun Telaga Pange Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (6/4/2023).

 

Kegiatan ini sendiri menghadirkan Syahrul Ramadhan, S.Ag. MM atau yang biasa dikenal dengan Ust Syahdan pengisi acara Cahaya Hati INews TV hasil kerjasama dengan Yayasan Galang Bersama.

 

Ketua RW Telaga Pange, La Siama dalam sambutannya mengaku sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini dan mengucapkan terima kasih kepada BKPRMI yang telah hadir dan ikut memberikan dukungan positif selama ini kepada warga yang ada.

 

“ Kita berharap melalui acara hari ini tentu akan dapat mempererat tali silaturahmi, sekaligus menjalin kebersamaan kedepan, dan kita doakan agar apapun yang dicita – citakan kedepan dapat sukses pada waktunya nant ” katanya.

 

Ust Syahdan dalam tema Tausiyahnya menyampaikan ” Keutamaan Dermawan dan Kehinaan Kikir “, dimana dalam Wasiat Rasulullah ke 25 kepada Sahabat Ali ra. dalam Washiyyatul Musthafa, Syaikh Abdul Wahhab Asy- Sya’roni, hal 7_

*يَا عَلِيُّ اَلسَّخِيُّ قَرِيْبٌ مِنَ اللهِ قَرِيْبٌ مِنْ رَحْمَتِهِ بَعِيْدٌ مِنْ عَذَابِهِ، وَالْبَخِيْلُ بَعِيْدٌ مِنَ اللهِ بَعِيْدٌ مِنْ رَحْمَتِهِ قَرِيْبٌ مِنْ عَذَابِهِ*

 

“ Wahai ‘Ali, orang yang dermawan itu dekat dengan Allah, dekat dengan rahmat Allah dan jauh dari siksa Allah, sedangkan orang yang kikir itu jauh dari Allah, jauh dari rahmat Allah, dan dekat dengan siksa Allah “, ucapnya.

 

Beliau menjelaskan bahwa Pertama, Mengapa sifat dermawan menyebabkan kedekatan seseorang kepada Allah dan Sifat kikir menjauhkan orang dari Allah SWT, yang Kedua Karena orang yang dermawan adalah tanda bahwa dia tidak cinta dunia, orang yang tidak cinta dunia, dia hatinya bersih dari keterikatan dunia, tidak stres jika kehilangan dunia dan penuh syukur jika mendapatkannya. maka dia bukan budak dunia dan hatinya menjadi bersih, disinilah faktor yang menyebabkan seseorang berpotensi besar bisa dekat dengan ALLAH SWT.

 

“ Ketiga Begitu juga sebaliknya jika seseorang kikir, disebabkan dan menjadi tanda bahwa dia cinta kepada dunia secara berlebihan. maka dia sangat terikat dengan dunia dan menjadi budak dunia, orang yang telah jadi budak dunia, tidak akan mungkin benar-benar menjadi budak Hamba) Allah SWT, Sambung Ust Syahdan.

Ketum DPW BKPRMI Provinsi Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Safari Dakwah Ramadhan dengan menghadirkan Da’i – Da’i Nasional menjadi agenda rutin tahunan BKPRMI, ujarnya.

 

Dia juga bersyukur Tahun ini kita bisa laksanakan sekaligus Ifhtar Bersama di Masjid Ar Rahim Telaga Pange adalah bentuk keberpihakan dan dukungan BKPRMI untuk Warga Masyarakat di Bukit Barisan, tegasnya

 

Melalui momentum ini juga berkesempatan mendengarkan keluh kesah beberapa warga, dimana melihat keterisolasian wilayah ini, dimana tidak ada jalur trayek angkot, kesulitan air dan banyak masalah lainnya, problematika pertanian, dengan potensi luas wilayah dan jumlah penduduk, kita berharap kedepan Pemerintah dan DPRD Kota Ambon dapat mempertimbangkan pemekaran desa atau pembentukan kelurahan disini untuk memperpendek rentang kendali pelayanan masyarakat, pintanya.

 

BKPRMI sebagai wadah dan media Pemuda Remaja Masjid berharap dukungan Imam, Takmir Masjid dan Tokoh Agama untuk mendukung pembentukan dan pembinaan Remas di Masjid – Masjid yang ada, juga dapat terus merangsang remaja-remaja masjidnya agar bisa aktif dan mau tersu memakmurkan, memelihara serta meramaikan masjid – masjid Kita, ajaknya.

 

“ Kita berharap Para Pemuda Remaja Masjid selain religius juga harus mencerminkan sikap dan perilaku yang bercirikan moral keagamaan yang kuat, cinta kasih, toleransi, damai, kebersamaan, keberagaman, kemitraan di antara umat beragama dan kelestarian lingkungan hidup sebagai cermin pribadi manusia yang bermartabat,” harap Ilham.

 

Kegiatan ini sendiri juga diikuti dengan Pemberian Bantuan Wireles bagi Majelis Taklim, dan dihadiri beberapa Ormas/OKP Islam, Imam Takmir Pimpinan TPQ Majelis Taklim Ketua RW Se-Bukit Barisan, Pengurus DPD BKPRMI Pulau Ambon, DPK BKPRMI Teluk Ambon dan beberapa Undangan lainnya. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *