SABUROmedia, Fakfak — Bupati Fakfak, Untung Tamsil, Sos, M.Si menghadiri Panen Padi bersama para petani, di Kampung Malakuli Distrik Karas Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, Sabtu (01/04/2023) Siang.

 

Panen Padi di lahan perkebunan sawah milik Bapak Karim Baraweri dan Hamid ini dipimpin langsung Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muhamad Soleh., S.Hut., M.Si.

 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Muhamad Soleh menyampaikan, ini merupakan wujud implementasi dari Visi dan Misi kedua Fakfak Tersenyum, khusus di bidang ekonomi.

 

” Selain di kampung Malakuli ada juga lahan padi di kampung tarak dan khusus kampung mas di buka pengembangan buah naga, alhamdulillah sudah diselesaikan hak-hak petani, dan kampung mas juga masuk sebagai kampung wisata untuk konsep kedepan lebih sepesifik,” Kata Kadis Pertanian.

 

Muhamad Soleh juga menyampaikan bahwa selain pertanian ada juga program yang sesuai arahan Bupati yaitu makanan ternak dan untuk peternakan.

 

” Kita diberikan bantuan tanda di telinga sapi kepada ternak sapi agar memudahkan siapa pemilik sapi tersebut dan pemasangan Kerteg barcode sudah mengunakan barcode untuk memudahkan pengontrolan pemilik sapi, untuk itu kami dinas pertanian akan melakukan sosialisasi kepada para peternak sapi cara penggunaan barcode dan Kerteg,” Ujarnya.

 

Kadis Pertanian mengatakan, sesuai janji Bupati bahwa akan menyerahkan bantuan alat kepada Patani sawah dan pakaian buat kelompok tani dan hari ini di serahkan kepada kelompok tani l Kampunh Malakuli Distrik Karas.

 

Sementara itu, Bupati Fakfak Untung Tamsil memberikan apresiasi kepada para petani di Distrik Karas, ini sebuah contoh bahwa ada sebuah potensi yang bisa kita tingkatkan di sektor pertanian yaitu sawah (Padi).

 

” Dalam sektor pertanian masih banyak hal yang harus kita perbaiki, kekurangan yang ada secara bertahap kita melakukan evaluasi dan petani di Karas dengan kondisi tanah yang subur dan kondisi tanah beda dengan Bomberay, maka semua hambatan dan kendala yang ada ini menjadi perhatian kami pemerintah khususnya OPD teknis yang berkaitan dengan pertanian,” Ujar Bupati.

 

Ia pun menegaskan agar Dinas Pertanian harus ada di tengah-tengah para petani khusunya para pendamping yaitu PPL.

 

Lanjut Bupati Untung Tamsil akrab disapa Bung UT menyampaikan bahwa dari hasil yang ada, padi ini sudah meningkatkan ketahanan pangan lokal.

 

” Di tahun ini Pemerintah akan menganggarkan untuk mengadakan trektor buat petani sawah yang ada di Karas. Untuk itu kami berharap kepada para petugas PPL harus selalu ada di tengah-tengah para petani sehingga bisa melihat apa yang terjadi di lapangan,” Tandasnya.

 

Kemudian, Bupati Fakfak Untung Tamsil didampingi Kepala Distrik Karas Lud Masrur Kamudi, Kepala BKPSDM Ahmad Pelu dan Kepala Disperindag Mohjak Rengen dipimpin Kadis Pertanian Panen Padi bersama.

 

Selanjutnya, Bupati Untung Tamsil menyerahkan bantuan kepada para petani di Distrik Karas Kampung Malakuli. (SM-PKPSF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *