SABUROmedia, Namrole – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan menyelenggarakan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan Tahun 2020.

Rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) menjadi daftar pemilih Tetap (DPT) sebelum ditetapkan dan disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan bersama Bawaslu Kab Bursel, Kapolres Pulau Buru, Kesbang Pol, DisdukCapil Bursel dan Tim Penghubung Ketiga Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bipati Kabupaten Buru Selatan yang berlangsung di Ruang Rapat KPU Buru Selatan. Kamis, 16/10/2020.

“Beberapa menit jalannya pembukaan rapat pleno Bawaslu Kabupaten Buru Selatan yang di wakili oleh Husen Pune memberikan masukan kepada KPU bursel.

“Kata Pune sebelum penetapan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) menjadi daftar pemilih tetap (DPT), KPU Buru selatan harus menindak lanjuti temuan-temuan Bawaslu yakni pemilih ganda antar kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain, desa satu dengan desa yang lain, TPS satu dengan TPS yang lain serta yang tidak mempunyai elemen data agar dapat di singkronisasikan dengan situs KPU (Sidali).

Masukan Bawaslu diterima KPU dan dilakukan sinkronisasi data, kemudian pleno untuk penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dilanjutkan sampai pada penetapan DPT.

Dalam rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) di tetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab. Buru Selatan Tahun 2020 telah di tetapkan dan disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Buru Selatan berjumlah 47.076.

“Daftar pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan dan disahkan oleh KPU Bursel yang berjumlah 47.076 tersebut, itu terbagi di 6 Kecamatan. Di antaranya, Kec. Kepala Madan berjumlah 7.930, Kec. Leksula berjumlah 9.482, Kec. Fenak Fafan berjumlah 2.464, Kec. Namrole berjumlah 11.159, Kec. Waesama berjumlah 9.819 dan Kec. Ambalau berjumlah 6.222.

Dari hasil pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaiikan (DPSHP) untuk di tetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang berjumlah 47.076 ini, selanjutnya Ketua KPU yang diwakili 4 Anggota Komisionernya membagikan hasil mengesahan dokumen daftar pemilih tetap itu kepada Bawaslu, serta ketiga Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Selanjutnya dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) berjumlah 47.076 itu di tetapkan sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw yang di wakili Jainudin solissa membacakan sambutannya pada rapat pleno rekapitulasi DPHP menjadi DPT di tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan Tahun 2020,

“Kata Mahulauw, yang di wakili oleh Jainudin Solissa sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penjadwalan pemilihan umum Kepala Daerah Gubernur Wakil Gubernur Walikota Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati dan pada hari ini kita akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan Tahun 2020.

Kemudian Komisioner KPU Bursel Divisi Teknis Ismudin Booy mengatakan bahwa hasil daftar pemilih tetap (DPT) sudah di tetapkan tetapi apabila masih ada masyarakat kabupaten buru selatan yang belum terdaftar juga, maka kita masih bisa memperbaharui data agar masyarakat punya hak dapat menyalurkan hak pilihnya di pilkada buru selatan tahun 2020 ini. (AL/SM)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *