SABUROmedia, Piru –  Mungkin itu istilah yang tepat menyatakan keberadaan sebuah pulau kecil nan cantik di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) provinsi Maluku, pulau Marsegu.

Memiliki luas 11.000 Ha pulau ini menyimpan keindahan alam yang cukup mempesona. pasirnya alus nan putih, air lautnya jernih, dan yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari pulau ini adalah terdapat taman wisata alam dan panorama bawa laut yang cukup memikat mata pengunjung.

Bagi anda pecinta snorkeling dan hobi mancing disini tempatnya, banyak spot panorama bawa laut untuk anda eksplor, anda juga akan dimanjakan dengan suasana alam yang mempesona terteguk dengan hamparan pepohonan manggruv sejauh mata memandang.

Letaknya tak jauh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat ibu kota SBB, Piru. Untuk sampai ketempat tujuan pengunjung harus menggunakan perahu menyebrang ke pulau setelah melalui jalur darat dengan kendraan roda dua maupun roda empat, Letaknya memang cukup strategis, tepat berada ditengah, diapit oleh pulau Seram dan pulau Buano.

Menawarkan panorama alam yang eksotis, pulau Marsegu ini menjadi salah satu tujuan wisata Favorit baik local maupun mancan Negara. Bagi warga Seram Barat Pulau ini dipilih menjadi tempat andalan wisata keluarga, ataupun bagi warga sekitar untuk sekedar menghabiskan waktu santainya.

Dengan keindahan alamnya yang menyejukan itu, sayangnya pulau Marsegu ini jauh dari jamah pemerintah, kurangnya perhatian dan kepedulian dari Pemkab setempat membuat kondisi pulau Nampak tak terurus, sarana prasarana seperti jembatan yang rusak, cottage yang tak terawat bagai rumah tua, dan sampah berserakah, maka tak berlebihan menyebut Pulau Marsegu adalah mutiara SBB yang di abaikan.

Salah satu pengunjung, Yusran (51) wisatawan lokal kepada Saburomedia.com mengaku jika ia sering mengunjungi pulau Marsegu, yang membuatnya tertarik adalah banyaknya spot memancing yang kebetulan sesuai dengan selera karena hobinya memancing.

” Pulau ini bagus, banyak spot memancing yang menjadi nilai jual dari pulau ini, namun kurangnya tata kelola dari Pemda setempat sehingga pulau ini tampak tak terurus, padahal untuk kesini biaya cukup murah kita bisa menikmati wisata alam yang tak kalah jauh dengan spot wisata lain seperti Ora dan raja ampat di Papua, ” ujar pria yang hobinya mengeksplorasi keindahan alam ini.

Menurutnya, pulau Marsegu punya nilai lebih jika dimanfaatkan dengan dibangunnya sarana seperti outbond sehingga bukan hanya pantai yang di nikmati. Dengan luas 11.000 Ha, tempat outbond seperti bumi perkemahan, permainan paintball menjadi beberapa dari berjuta ide cemerlang yang dapat diaplikasikan pada pulau ini. “ Tergantung sekreatif apa Pemda setempat dalam mengelolanya, “ tutupnya.(SM/Y)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *