SABUROmedia, Ambon — Tim Debat Mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti, berhasil meraih juara 1 Lomba Debat Hukum Polda Maluku antar Mahasiswa Fakultas Hukum yang di selenggarakan dalam rangka HUT ke-78 Bhayangkara tahun 2024, berlangsung di ruang rapat utama Markas Polda Maluku, Kamis (30/05/2024).

 

Debat dengan tema “ Restorative Justice ” atau keadilan restorative merupakan pendekatan dalam sistem peradilan pidana yang berfokus pada pemulihan, rekonsiliasi, dan restorasi hubungan yang rusak akibat tindakan kriminal. Pendekatan ini menekankan upaya untuk mengatasi akar masalah dan dampak psikologis, sosial, dan emosional yang dihasilkan oleh tindakan kriminal, baik bagi korban, pelaku, maupun masyarakat secara keseluruhan.

 

Tim Debat Mahasiswa Fakultas Hukum yang terdiri dari, Kristian M. Maturbongs., Agnes A. Sitanala, Ikha H. R. Khaliky akan mewakili Polda Maluku untuk mengikuti Lomba Debat Hukum Tingkat Regional Indonesia Timur yang akan berlangsung dari tanggal 11-13 Juni 2024 di Makasar yang direncanakan juga akan diikuti oleh 10 Polda lainnya.

 

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum Dr. Johanis SF. Peilouw., S.H., MH memberikan apresiasi atas capaian Mahasiswa Fakultas Hkum yang menjuarai Lomba Debat Hukum yang diselenggarakan Polda Maluku tersebut dalam rangkaian jelang HUT Bhayangkara ke-78 Tahun 2024.

 

Dikatakannya ada 2 isu yang diangkat dalam pelaksaan debat ini yakni : Restorative Justice dan Penyebaran Berita Hoax.

 

“ Kami memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa Debat Fakultas Hukum. Banyak kegiatan yang mereka lakukan, mereka setiap saat berlatih, mempelajari berbagai hal dan isu yang terkait dengan bidang ilmu hukum, sehingga berbagai ajang sering mereka ikuti, “ ujarnya.

 

Dr. Peilouw berharap Mahasiswa tetap diberi kesempatan dan ruang untuk mengembangkan keilmuannya melalui berbagai lomba. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *