SABUROmedia, Ambon — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Universitas Pattimura menggelar kegiatan Kuliah Umum Anti Korupsi dengan tema “Pembangunan Integritas Melalui Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi“ dan menghadirkan nasumber Deputi Bidang Pendidikan dan Peran serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia Dr. Wawan Wardiana, Selasa, (14/05/2024) bertempat di Aula Rektorat Universitas Pattimura.

 

Kegiatan kuliah umum ini bertujuan untuk membangun mindset dan perilaku serta memupuk nilai integritas melalui pendidikan anti korupsi di perguruan tinggi.

 

“ Pemerintah Indonesia saat ini sangat gigih berupaya untuk memberantas korupsi yang adalah tindakan yang sangat merugikan negeri ini ”, ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Dominggus Malle dalam sambutannya saat membuka dengan resmi kegiatan tersebut.

 

Dijelaskan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK ini dibentuk bukan saja untuk melakukan tindakan pemberantasan terhadap tindakan korupsi saja, namun juga menumbuhkembangkan sikap dan perilaku anti terhadap korupsi, oleh sebab itu pendidikan anti korupsi menjadi sangat penting.

 

“ Kita mengupayakan sedini mungkin dan berupaya keras untuk menumbuhkembangkan sikap – sikap yang menunjang aktivitas, kegiatan atau upaya pemerintah didalam menurunkan bahkan sampai menghilangkan tindakan korupsi itu sendiri”, ungkap Prof. Malle

 

Beliau menghimbau agar pendidikan anti korupsi ini dapat benar – benar dipahami oleh mahasiswa yang nantinya akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dan harus tertanam sikap, nilai – nilai serta perilaku Anti korupsi.

 

“ ada banyak jenis tindak pidana dalam undang – undang anti korupsi yang harus dipahami oleh mahasiswa sehingga kita dapat memahami serta bisa menerpakan perilaku dan sikap kita sesuai dengan pemahaman tersebut, sehingga kedepannya ketika kalian sudah ada didalam dunia kerja kalian tidak melakukan aktivitas – aktivitas yang berkaitan dengan tindak korupsi ”, imbuhnya.

 

Beliau menambahkan kuliah umum ini akan menggiring para peserta untuk membangun citra diri sebagai orang yang anti korupsi

 

Prof. Malle berharap agar para mahasiswa dapat menimbah ilmu dan informasi sebanyak mungkin agar dengan terlaksana kegiatan tersebut dapat membawa dampak positif bagi para generasi muda agar kedepannya dapat menerapkan nilai – nilai kejujuran serta tidak melakukan hal – hal yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi

 

Dr. Ir. Inta P. N. Damanik., M.Si menjadi moderator dalam kuliah umum “ Pembangunan Integritas Melalui Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi “ yang materinya disampaikan Dr. Wawan Wardiana dan mendapat antusias dari para mahasiswa dan dosen yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

“ Pembanguna Integritas Melalui Pendidikan Anti Korupsi di Perguruan Tinggi “

 

Pertukaran cendera mata, foto bersama dan pemberian bingkisan kepada peserta yang aktif didalam proses kuliah umum, menjadi bagian dari acara tersebut. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *