SABUROmedia, Ambon — Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura (FPIK UNPATTI) menggelar acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Yudisium dan Penggelaran Sarjana (S1) bagi 48 lulusan yang berlangsung di Ruang Seminar Lantai 2 FPIK UNPATTI, Kamis (18/04/2024).

 

Mahasiswa yang mengikuti yudisium berasal 6 program studi yang terdiri dari, 7 lulusan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), 6 lulusan Program Studi Ilmu Kelautan (IK), 7 lulusan Program Studi Budidaya Perairan (BDP), 6 lulusan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), 14 lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) dan 8 lulusan Program Studi Agrobisnis Perikanan (AGP).

 

Penyerahan Plakat dan Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si diberikan kepada 6 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

 

  1. Merell Anthonia Peilouw, S.Pi, Prodi BDP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,76
  2. Nur Dilla Silawane, S.Pi, Prodi THP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,67
  3. Ziepora Veronica Mairuhu, S.Pi, Prodi THP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,64
  4. Angel Desmarini Nitalessy, S.Pi, Prodi BDP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,63
  5. Michael Huwae, S.Pi, Prodi THP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,62
  6. Lidya Yona Leatomu, S.Pi, Prodi PSP, Masa Studi 3 Tahun 7 Bulan dan IPK 3,61

 

Dalam sambutannya, Merell Anthonia Peilouw., S.Pi mengatakan Karena Masa Depan Sungguh Ada dan Harapanmu Tidak Akan Hilang, pernyataan ini dapat menguatkan kita dalam momentum di hari yang istimewa dan bahagia bagi kami selaku peserta yudisium.

 

Apa Yang Kamu Tabur, itulah Yang akan Kamu Tuai memberikan makna bahwa begitulah keadaan dalam proses meraih dan memperoleh gelar sarjana yang disadari sungguh bahwa bukanlah suatu hal yang mudah. Berbagai persoalan, tantangan, suka dan dukapun dirasakan. Berawal dari proses perkuliahan, penelitian bahkan sampai dengan penyusunan skripsi serta bagaimana mempertahankan skripsi itu mampu membawa hasil yang baik dan diwujudkan pada hari ini.

 

“ Kami menyadari sungguh bahwa dalam upaya untuk memperoleh gelar sarjana, terkadang kami meninggalkan rumah bahkan keluarga, namun doa dan kepercayaan dari orangtua terus menyertai kami. Oleh karena itulah, terimakasih kami ucapkan dari lubuk hati yang dalam khususnya bagi orangtua kami, dan juga semua keluarga untuk segala upaya dan doa yang diberikan sehingga kami memperoleh gelar sarjana”, ujarnya dengan penuh haru.

 

Ia menambahkan, dikukuhkannya kita sebagai lulusan FPIK, bukanlah akhir dari perjuangan kita namun merupakan langkah awal bagi kita dalam menghadapi kerasnya kehidupan yang sebenarnya. Bagaikan kapal ketika berada ditengah lautan yang selalu diterpa gelombang yang kencang, dan gelombang yang selalu membentur pada bebatuan dan dinding pantai dengan keras, begitulah kehidupan saat ini.

 

“ Jangan pernah puas dengan apa yang kita punya, namun kiranya kita tetap memacu diri agar semakin baik kedepannya. Semoga kita menjadi orang yang sukses dan membanggakan almamater tercinta di waktu mendatang. Waktu terus berlalu, hari demi haripun akan tetap berganti. Namun perpisahan hari ini akan mengajarkan kita akan makna hidup sesungguhnya”, tututpnya.

 

Dekan dalam sambutannya mengatakan, tantangan hidup kedepannya sangatlah banyak, karena itu peluang untuk bekerja diluar sana sangatlah banyak. Dikatakan, ubahlah mindset atau pola pikir dari para lulusan untuk menjadi seorang Aparatus Sipil Negara (ASN), akan tetapi teruslah berusaha untuk mendapatkan peluang pekerjaan, karena pekerjaan untuk lulusan perikanan sangat banyak. Sebab itu teruslah berusaha untuk mendapatkan kesempatan emas yang sudah ada didepan mata.

 

Dekan menambahkan, ada beberapa prestasi yang sudah diraih oleh FPIK Unpatti selama Periode Januari hingga Desember 2024, diantaranya 3 dosen FPIK yang melaksanakan tugas mengajar di Kampus Mengajar Batch 2, 1 dosen modul nusantara (PMM 4), 14 mahasiswa inbound, 8 mahasiswa outbound dan 1 mahasiswa FPIK Unpatti yang mendapatkan beasiswa scholarship di Amerika Serikat,

 

Dekan berharap kedepannya terus membangun koordinasi antara satu terhadap yang lainnya sehingga para lulusan dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik, sehingga nantinya dapat memudahkan para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

 

“ Tanggungjawab untuk membangun dan memajukan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura merupakan tanggungjawab bersama, baik para dosen, pegawai, mahasiswa maupun alumni”, tutup Dekan.

 

Kesempatan yang sama mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. D. Malle., S.Pt, M.SC mengatakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan merupan fakultas unggul yang ada di Universitas Pattimura. Karena itu, untuk menjaga keunggulan tersebut tentu merupakan tugas dan tanggungjawab kita semua. Dan kami tetap mendukung segala kelancaran serta upaya untuk memajukan akreditasi maupun fakultas ini agar lebih baik.

 

Para lulusan juga harus memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi, dan karena itu beliau berharap agar kedepannya nanti lulusan dapat menjadi agen perubahan untuk mengambil peran penting dalam menciptakan sebuah lapangan pekerjaan.

 

Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Ruslan, H. Tawari., Senat FPIK., Civitas Akademika dan Tenaga Kependidikan FPIK., yang mewakili Ikatan Alumni FPIK, Jauhari Tuarita., S.Pi (Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah) dan para orang tua lulusan. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *