SABUROmedia, Bursel — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Siti Nurbaya memberikan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Desa Masnana di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Provinsi Maluku Tahun 2023, Senin (13/11/2023).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, selain Bupati dan Kadis Lingkungan Hidup, juga  Asisten I Setda Bursel, Ruslan Makatita, Tim Percepatan Daerah, Para Camat di Kecamatan Namrole, Waesama, Kepala Desa dan undangan lainnya.

 

Program ini diberikan kepada Desa Masnana sebagai salah satu Desa di Bursel yang telah berkontribusi nyata mengendalikan perubahan iklim dan kebersihan Desa.

 

Bupati Bursel, Hj Safitri Malik Soulisa didampingi Kadis LH Bursel H. Samsul Sampulawa mewakili Kementrian LH RI menyerahkan langsung penghargaan kepada Pemerintah Desa Masnana disaksian oleh seluruh warga setempat.

 

Pada kesempatan itu, Bupati Safitri Malik Soulisa Bursel mengatakan rasa senang dan bangga karena Desa Masnana menjadi salah satu Desa di Bursel yang telah menjalankan program proklin dalam menjaga ekosistem yang berkelanjutan.

 

“Ini sebagai bentuk apresiasi dalam pelaksanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada Desa Masnana. Semoga desa – desa yang ada di Bursel di tahun 2024 dapat menjalankan program Proklim,” kata Safitri.

 

Dikesempatan itu juga, Bupati mengungkapkan program yang dikelola Kementerian LHK itu sebagai gerakan nasional pengendalian perubahan iklim, sekaligus salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan bumi.

 

Kemudian dikatakan Bupati, Program ini sangat penting, olehnya itu dibutuhkan sinergitas semua komponen dan partisipasi aktif Masyarakat untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim secara suka rela karena Bursel sangat rawan bencana saat musim penghujan,”tandas Safitri Bupati Perempuan Pertama di Maluku ini.

 

Sebelumnya Kadis LH Bursel Samsul Sampulawa mengatakan, penyerahan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan dari KLHK bagi pemerintah Desa bersama Pemerintah daerah yang berkomitmen mendukung aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim.

 

Dalam kesempatan itu, Sampulawa menuturkan upaya itu untuk menciptakan lingkungan hidup yang asri dan kondusif khususnya di Bursel.

 

Selanjutnya dikatakan Sampalawa, Desa Masnana mendapatkan penghargaan Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini kategori Proklim Utama di tingkat Kabupaten pada 2023.

 

” Semoga Desa yang ada di Bursel bisa mencotohi Desa Masnana dalam pelaksanaan program Proklim di tahun depan,” harapannya.

 

“ Kami dari Dinas LH Bursel pada tahun 2023 telah melakukan sosialiasi program Proklim kepada Masyrakat di Bursel yakni Kecamatan Namrole, Waesama Dan Leksula. Di Tahun 2024 nanti Pihak Dinas LH akan menggelar sosialiasi di Kecamatan Ambalau, Fenak – Fafan dan Kepala Madan,” tutupnya. (SM/AL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *