SABUROmedia, Ambon — Penjabat Walikota Ambon Bodewin M. Watimena melantik Kepala Pemerintah Negeri Naku sesuai dengan SK. Pj. Walikota Ambon No, 1766 Tahun 2023 tentang Pengesahan, Pengangkatan Pemerintah Negeri Naku , di Kecamatan Leitimur Selatan masa jabatan Tahun 2023 – 2029, diruangan ULA Balaikota Ambon, Pada Jumat (10/11/2023).

 

Hadir juga pada kesempatan ini Pj. Walikota Ambon, Sekretaris Kota Ambon, Pimpinan OPD lingkup Kota Ambon, Raja Naku, Saniri Negeri,  Naku, TNI/ Polri, Robaniawan dan Masyarakat Negeri Naku.

 

Dalam Sambutannya, Bodewin mengatakan tepat di Hari Pahlawan tanggal 10 November 2023 Kita baru saja mencatat sejarah, dalam semangat Hari Pahlawan itu juga mengenang apa yang diperbuat oleh para pendahulu kita, Orang tertua, Tete Nene Moyang di Negeri Naku. Telah meletakkan landasan yang kuat dan kokoh untuk tetap tegak teguh berdiri hingga saat ini.

 

Karena itu ketika kita ada bersama dalam acara Pelantikan ini yang paling penting adalah kita memaknai. Apa yang dilakukan oleh para leluhur kita, karena segala sesuatu yang dibuat oleh para leluhur itulah yang memungkinkan Kita untuk tetap ada sampai dengan saat ini, baik dalam tatanan adat istiadat yang berlaku tetapi juga dalam membangun Kesadaran Sebagai orang basudara, ucapnya.

 

Penyelenggaraan Pemerintahan yang terjadi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia biasa diberikan Pendelegasian kepada daerah – daerah di bawahnya dalam rangka upaya untuk menciptakan kesejahteraan Masyarakat tetapi juga untuk mempermudah dan memperpendek rentang kendali penyelenggaraan Pemerintahan, sambungnya.

 

Pemerintah Kota Ambon berkewenangan untuk melakukan tingkatannya dari  kecamatan Desa Negeri dan Kelurahan, supaya dari seluruh proses penyelenggaraan Pemerintahan yang dilakukan secara bertingkat – tingkat itu Masyarakat sebagai objek dan sekaligus subjek pembangunan itu mendapat pelayanan yang baik dari Pemerintah, jelasnya.

 

Motor penggerak akan menjadi pengambil kebijakan di Negeri supaya  berbagai program pembangunan itu bisa terlaksana dengan baik, harapnya.

 

Proses hari Ini cukup panjang, Kita bersyukur bahwa di hari ini dalam berbagai upaya yang dilakukan menghadirkan raja definitif. Tau persis bahwa perjalanannya panjang mungkin tahun ini sudah masuk ke tahun ke-40, tetapi syukurlah bahwa semua bisa berakhir dan bisa hadirkan Raja definitif,  Itu penting bagi kita tetapi yang lebih penting adalah persatuan dan kesatuan dalam Masyarakat, tidak merusak hubungan hidup orang bersaudara yang ada di Negeri, jabarnya.

 

Itu hal pertama yang dititipkan kepada  Raja definitif Negeri Naku. Yang berikutnya lakukan konsolidasi, kepada  elemen Masyarakat di Negeri Naku baik itu yang terkait dengan adat istiadat maupun juga yang lain, supaya bisa bersama-sama untuk membangun Negeri Naku ke arah yang lebih baik, harapnya.

 

Beberapa Waktu Sebelumnya Saya  memimpin rapat di Negeri Naku, bahwa kehadiran Saya hadir disana bisa memberikan penguatan kepada saudara-saudara di Negeri Naku untuk bisa bersepakat lalu segera menghadirkan raja definitif, jabarnya.

 

Dengan pelantikan ini Saya mau bilang bahwa Pemerintah Kota tidak mencampuri urusan adat, dalam tanggung jawab sebagai pihak yang pada waktunya berhak untuk menentukan atau melantik Raja definitif karena itu Pemerintah kota  Melantik, tegasnya.

 

Semua proses telah dilakukan secara bersama mulai dari berbagai tingkat hingga Hari ini dilantik.

Dengan aspirasi Masyarakat yang dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Negeri, Perwakilannya ada pada Badan Sendiri Negeri.

 

Kemudian berikutnya hari ini tanggung jawab Pemerintah ada pada beberapa aspek yang penting untuk segera kita wujudkan di tingkat Desa Kelurahan Negeri, yang pertama soal kemiskinan ekstrem, Stunting dan Inflasi. Oleh karena itu segera berkoordinasi  menyelesaikan persoalan ini terutama yang ada di Negeri Naku, Pungkas Pj Walikota.

 

Dalam kesempatan yang lain pula, Anak Negeri Naku Welem Polwai sebagai Masyarakat Negeri Naku Kita ini telah melalui penantian yang panjang, Hari ini Kita bersyukur sebab bisa dilantiknya Saudara Zadrak Gaspesz menjadi Raja Negeri Naku, dengan adanya Raja Definitif ini harapan Kita sebagai Masyarakat Negeri Naku, bisa ditata sesuai dengan aturan yang berlaku demi terwujudnya Masyarakat Negeri yang sejahtera. Pungkas Welem. (SM-MSA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *