SABUROmedia, Ambon — Penjabat Walikota Ambon Bodewin M. Watimena kembali melantik Pejabat Tinggi Pratama dan Administrasi Lingkup Pemerintah Kota Ambon, di Ruangan ULA Balaikota Ambon, Pada Jumat ( 03/11/2024).

 

Hadir Pula Pada Pelantikan Ini Pj. Walikota Ambon, Sekretaris Kota Ambon, Anggota DPRD Kota Ambon Jafry Taihuttu, Rohaniawan, Pimpinan – Pimpinan OPD Dalam Lingkup Kota Ambon beserta Teman – Teman Pers.

 

Dalam Sambutannya  Pj. Walikota Ambon mengatakan momentum Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator yang dilakukan pada hari ini merupakan rangkaian dari kelanjutan penataan birokrasi yang dilakukan di lingkup Pemerintah Kota Ambon sebagaimana menjadi salah satu kebijakan Pemerintah Saya sejak ditugaskan sebagai Penjabat Walikota Ambon.

 

Sungguh bahwa upaya untuk melakukan penataan birokrasi ini tidak semudah yang kita bayangkan mekanisme dan prosedur sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan harus kita penuhi tanpa melewati satu tahap pun karena itu beberapa bulan sejak dilantik Saya sudah melakukan proses itu namun baru bisa terwujud satu tahun lima bulan kemudian,

 

Apa yang kita saksikan di hari ini bukanlah sebuah proses yang tiba – tiba muncul tanpa melakukan sesuai dengan aturan yang berlaku bahkan untuk Pejabat Administrator kami memberikan ruang untuk seluruh kepala OPD  menyampaikan usulannya karena sesungguhnya yang lebih tahu tentang kinerja dari masing – masing Pegawai adalah Kepala – Kepala OPD, lalu kemudian kita pertimbangkan secara baik.

 

Kami juga menepati janji untuk mengembalikan Pejabat yang di Non-jobkan itu sudah kami penuhi, sebagai bagian daripada komitmen kami dalam penataan birokrasi.  Yang diangkat maupun dirolling dan sebagainya sudah dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal dan Saya yakin sungguh bahwa perkembangan yang kami lakukan bukan pertimbangan karena suka dan tidak suka tetapi pertimbangan objektif yang dilakukan demi dan untuk peningkatan kualitas, kinerja pelayanan kita kepada Masyarakat di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

 

Ada beberapa  saudara – saudara sekalian yang dilantik hari ini yang pertama kita sementara terus melakukan transformasi organisasi, Mengubah organisasi menjadi lebih memiliki spesialisasi dan karakteristik melalui Penajaman tugas dan fungsi pengelompokan tugas – tugas yang koheren dan eliminasi tugas yang tumpang tindih dengan begitu diharapkan dapat dilakukan perbaikan terhadap proses bisnis organisasi serta penyempurnaan.

 

Standar Operasi Prosedur yang nantinya akan berimbas pada perbaikan layanan sehingga tata kelola Pemerintahan tidak menjadi usang ketinggalan dan dapat merespon tuntutan masyarakat yang semakin berkembang.

 

Yang kedua kita juga terus melakukan transformasi sistem kerja menjadi lebih fleksibel dan kolaboratif, saat ini tidak ada lagi zamannya bekerja individual bekerja sendiri – sendiri apalagi kita ada dalam sebuah organisasi yang menuntut kita semua supaya saling bekerja sama berkolaborasi untuk mencapai tujuan Penyelenggaraan Pemerintahan.

 

Saya harapkan saudara yang baru saja dilantik segera melakukan konsolidasi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak yang ada pada Dinas,  Bagian ataupun Kantor yang saudara hari ini mendapatkan kepercayaan itu tidak ada Pemimpin yang bekerja sendiri harus bekerja bersama memanfaatkan seluruh subsistem potensi yang dimiliki sehingga tujuannya lebih maksimal

 

Transformasi manajemen sumber daya manusia menuju human capital tangguh,  manusia tidak hanya menjadi sumber daya saja tetapi mesti lebih dari pada itu menjadi kapital atau modal, Untuk bekerja mencapai tujuan organisasi karena saudara kita semua adalah aset penting bangsa ini modal yang bisa dimaksimalkan untuk mencapai tujuan bersama bernegara karena itu saya titip kepada saudara-saudara, supaya bekerja dengan baik landaskan diri pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, pada etika pegawai negeri sipil supaya dimanapun kita dapat ditempatkan kita bisa bekerja dengan hati yang tulus ikhlas untuk kemajuan kota ini.

 

Saya yakin sungguh bahwa melalui pengembangan karir yang saudara miliki saudara menjadi ASN atau pegawai negeri yang sudah terukur dan terpola berdasarkan urutan yang ditentukan kita punya mekanisme jelas dalam sistem kepegawaian karena itu saya harapkan maknai kepercayaan ini sebagai bagian dari pada pemerintah kota mengapresiasi kinerja supaya itu menjadi modal semangat saudara untuk mengabdi mengeluarkan seluruh potensi yang saudara miliki demi dan untuk kota ini.

 

Menyesuaikan dengan perkembangan hari ini kita tidak bisa lagi bekerja di belakang meja tetapi sudah harus melihat merespon Secara  responsif terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, tuntutan masyarakat meningkatkan kompetensi kemampuan kita kalau tidak kita akan kalah bersaing.  kita tidak kompetitif dan nanti pada waktunya ketika dilakukan evaluasi bisa saja kita termasuk orang-orang yang kemudian dianggap tidak lagi mampu untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi dengan baik apalagi untuk mencapai tujuan organisasi dan itu bisa dievaluasi di kemudian hari.

 

Kenapa saya harus bilang kita harus fokus, apalagi para pejabat sudah diberikan fasilitas diberikan gaji tunjangan dan lain sebagainya yang itu diberikan dengan maksud agar kita betul-betul fokus terhadap apa yang menjadi tanggung jawab kita jangan lagi kita berpikir yang lain laksanakan tugas dengan baik karena dari kebaikan kita melaksanakan tugas itu kita akan mendapatkan berkat Lewat gaji tunjangan dan sebabgainya.

 

Kita hanya menjadi ASN lalu tidak melakukan tugas dengan baik lalu membawa pulang gaji tunjangan ke rumah, yakin kalau itu tidak dilakukan dengan baik dia bukan menjadi berkat bagi kita. Pungkas Walikota.

 

Dalam kesempatan yang sama terjadi pergantian dan Roling Jabatan pada jabatan Eselon III Pemerintah Kota Ambon, antara lain : Rustam Simanunjak, Jabatan Lama Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kota Ambon (PRKP), Jabatan Baru Kadis Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, yang ditinggalkan Richard Luhukay,

 

Plt. Lexi Manuputy dilantik menjadi Definitif pada posisi yang sama, Selanjutnya Muis Latuconsina Kabid Aset Lada BPKAD digeser Ke Inspektur Pembantu Wilayah III Pada Inspektorat Kota Ambon, Sekertaris Dinas Pariwisata Oldrin Parinussa di Mutasi Ke Sekdis Kesbanpol, Posisi Parinusa di isi oleh Titi Oratmangun, yang sebelumnya Kabid Parawisata, Selanjutnya Sekdis Sosial Ricky Sopacua digantikan, dan dipindahkan Ke Pada BPKAD Kota Ambon.

 

Posisi Ricky Sopacua diisi oleh Imelda Tahalele Camat Teluk Ambon, selanjutnya Agus Patikawa menggantikan posisi Imelda Tahalele Sebagai Camat Teluk Ambon, sedangkan Posisi Patikawa diisi oleh Willem Wass. Pada Dispora Kota Ambon Frits Tatipikalawan dipercaya Sebagai Sekertaris BPBD menggantikan Almarhum Eva Tuhumuri.

 

Posisi berikutnya Charly Tomasoa digeser Ke Kabag Perekonomian dan SDA dari posisi sebelumnya Kabag Pengadaan Barang dan Jasa. Nizar Definitif jadi Kabid Pengelolaan Persampahan Pada DLHP, Jefry Unawekla menjadi Kabid Mutasi dan Kesejahteraan Pegawai Pada BKPSDM, Ivana Tuhumena bergeser Ke Kabid Akutansi Pada BPKAD, menggantikan Rido Sahureka, Sedangkan Rido mendapatkan Posisi Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan Pada BPBD Kota Ambon. (SM-MSA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *