SABUROmedia, Ambon — Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Maluku berhasil mendominasi ajang Apresiasi GTK Balai Guru Penggerak (BGP) Maluku Tahun 2023.

 

Hal ini disampaikan Ketua IGI Maluku Ode Abdurrahman melalui rilis media ke Media SM ini, dimana sebanyak 8 Pengurus IGI yang terdiri dari Guru dan Kepala Sekolah berhasil meraih penghargaan dari berbagai kategori dalam ajang apresiasi GTK Balai Guru Penggerak Maluku 2023.

 

Acara ini sendiri digelar menyambut Peringatan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2023, dalam rangka memberikan apresiasi kepada GTK yang inovatif, dan dedikatif serta apresiasi peserta didik kepada Gurunya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada konteks pendidikan berkualitas, dengan tema ” Bergerak bersama Rayakan Merdeka Belajar ” yang bertempat di Golden Palace Hotel Kota Ambon, Jum’at (03/11/2023).

 

Adapun peserta apresiasi GTK Inovatif dan GTK Dedikatif meliputi GTK dibawah Kemendikbudristek yang terdiri atas Guru, Pendidik PAUD, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Laboratorium Sekolah, Tenaga Perpustakaan Sekolah, Kepala Satuan PAUD dan Guru Pembimbing khusus.

 

Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia oleh masing – masing Balai Guru Penggerak dan Balai Besar Guru Penggerak (BGP/BBGP) di setiap Provinsi yang menjaring para Guru dan Tenaga Kependidikan pada setiap kategori, yang kemudian akan mewakili Provinsi Maluku ke tingkat Nasional.

 

Dalam Kategori Kepala Sekolah Inovatif, Nurdin Ahmad, Wakil Ketua V PP IGI Pusat yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 34 Maluku Tengah di Banda Naira, berhasil meraih Juara I, Sedangkan dalam ketegori lainnya Sekretaris IGI Provinsi Maluku yang juga Koordinator Guru Penggerak Provinsi Maluku, berhasil meraih Juara 1 dalam bidang inovatif, di posisi Kedua diraih oleh Amirudin Wabula, Dewan Pembina IGI Maluku Tengah, dan masih dikategori yang sama juara III diraih oleh pak Rizal, Guru SD Negeri 90 Wayame, Kota Ambon.

 

Pada kategori Kepala Sekolah Dedikatif diraih oleh Azwar Anas, Pengurus IGI Kabupaten Seram Bagian Timur yang menjadi Kepala Sekolah pada SMA Persiapan Tamher Warat, Kabupaten Seram Bagian Timur. Sedangkan pada kategori guru inovatif pembimbing khusus, diberikan apresiasi kepada Mr. Idham Tehuayo, Wakil Ketua LP2KG (Lembaga Pelatihan Peningkatan Kualitas Guru) IGI Maluku, yang juga menjabat sebagai Guru pada SMA Negeri 21 Maluku Tengah.

 

Di Tingkat Menengah SMA Kategori Guru Inovatif SMA, Juara II diraih oleh Khoiratun Nisak, Guru SMA Negeri 6 Kabupaten Seram Bagian Timur, yang juga Pengurus Wilayah IGI Provinsi Maluku. Sedangkan juara III ditempati oleh Martina Wulandari, Ketua IGI Kabupaten Maluku Tenggara sekaligus sebagai Guru pada SMA Negeri 3 Maluku Tenggara.

 

Sementara itu, Kepala BGP Maluku, Dr. Lamansur, sangat mengapresiasi keberhasilan para Guru dan Tenaga Pendidik IGI Maluku di ajang ini.

 

” Apresiasi ini merupakan bukti bahwa IGI Maluku sukses menjadi tempat berhimpun yang tepat bagi para Guru, sehingga mampu memproduksi Guru – Guru produktif, inovatif dan berdedikasi bahkan lebih dari itu berbagai karya para Guru IGI tidak saja lahir dari ajang apresiasi ini, tetapi sejak bergerak mandiri 5 tahun terakhir, terlihat penuh komitmen fokus membangun kompetensi Guru terbaca memiliki dedikasi yang tinggi dalam memajukan pendidikan di Maluku,” kata Dr. Lamansur. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *