SABUROmedia, Ambon – Fakultas Teknik Universitas Pattimura melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Tahun 2023 di Ruang Kuliah Umum FT Unpatti, Selasa (19/09/2023).  Pelatihan ini digelar bertujuan untuk menanamkan jiwa dan semangat kewirausahaan bagi mahasiswa.  Pelatihan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Penerima Dana Bantuan Program Mahasiswa Wirausaha, Tim Pengelola/Klinik Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan para tamu undangan.

Ketua TIM Pengelola PMW, Wilma Latuny., ST., M.Si., M.Phil., Ph.D, saat memberikan sambutan mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari Program Wirausaha yakni, membentuk, menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan bagi mahasiswa.

Disamping itu, berbagai pengalaman wirausaha, mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berfikir dalam bekerjasama lintas bidang ilmu serta penyelesaian masalah, melatih soft skills, manajerial dalam berinovasi dan berkolaborasi, serta penguatan metode pengembangan kewirausahaan mahasiswa di Perguruan Tinggi, tambahnya.

Lanjutnya, Program Mahasiswa Wirausaha tahun ini diikuti oleh 8 kelompok wirausaha dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu dosen pembimbing. Setelah direview hasil proposal oleh tim reviewer maka akan diumumkan 7 kelompok wirausaha yang terpilih untuk menerima bantuan PMW. Harapannya kegiatan ini dapat berguna bagi para mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga mahasiswa dapat berperan bagi masyarakat dan pembangunan pada waktunya.

 

 

Acara pelatihan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik, Johan M. Tupan., ST., MT yang mewakili Dekan Fakultas Teknik Unpatti  dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Kewirausahaan sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian menjadi bentuk kegiatan diluar kampus yang memberikan ruang gerak yang seluas-luasnya kepada Mahasiswa yang memiliki semangat wirausaha, jelasnya.

 

Untuk mendukung program MBKM Fakultas Teknik lewat program wirausaha Mahasiswa memiliki komitmen untuk memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan, penguatan karakter dasar wirausaha dan dukungan yang dilakukan melalui pelatihan entrepreneurship dalam memulai bisnis dengan dukungan dana yang diberikan, sambungnya.

 

Ia ,berharap pemberian dana yang diberikan kepada kelompok wirausaha mahasiswa dapat bermanfaat untuk membangun usaha, dengan demikian mahasiswa dapat memiliki pengalaman untuk memulai usaha, tetap berkomitmen, disiplin dan memiliki mental untuk terus maju. Ia juga berharap, mahasiswa yang tergabung dalam PMW dapat direkognisi dalam SKS kedepan, harapnya.

 

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Akademisi dan Praktisi diantaranya berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBIS) Unpatti dan Dudi (Dunia usaha dunia industri). Narasumber yang berasal FEBIS Unpatti diwakili oleh Dr (Cand) Restia Christianty., SE., M.Si sedangkan dari Dudi dihadiri oleh Ahmad Ilham Sipahutar., ST., M.Si.

Materi yang disampaikan oleh Dr (Cand) Restia Christianty., SE., M.Si berupa konsep penyusunan Proposal Perencanaan Berwirausaha.

 

Sedangkan materi yang disampaikan oleh Ahmad Ilham Sipahutar., ST., M.Si, berupa berbagi pengalaman, tips dan trik sukses mulai berwirausaha pada kesempatan tersebut.

 

Diakhir pelatihan dan pendampingan kewirausahaan Mahasiswa, para peserta pelatihan yang telah direview Proposal masing – masing sebelumnya, diumumkan serta dilakukan serah terima Penerima Dana Bantuan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *