SABUROmedia, Ambon — Gubernur Maluku Murad Ismail meninjau pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Khitanan Massal dan pengobatan secara gratis yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Ambon, pada Sabtu (1/07/2023), yang berlangsung di Gedung Kembar, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

 

Gubernur yang didampingi isteri Ny. Widya Pratiwi Murad tampak bercengkrama dengan masyarakat.

 

Sebanyak 630 warga terdaftar mengikuti pemeriksaan, diantaranya 138 anak mengikuti khitanan massal, 125 orang ikut pemeriksaan ahli dalam, 90 orang melakukan pemeriksaan gigi, 118 orang periksa di dokter umum, 131 orang melakukan pemeriksaan mata dan 28 orang periksa di dokter anak.

 

Dalam sambutannya, Gubernur memberikan apresiasi dan terima kasih kepada DWP IAIN Ambon yang telah melaksanakan kegiatan ini.

 

“ Ini merupakan bentuk kepedulian untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu, sekaligus mendukung program pembangunan kesehatan di Maluku,” ungkap Gubernur.

 

Dikatakan, upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Maluku yang merata dan berkesinambungan, bukanlah pekerjaan mudah dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi membutuhkan dukungan dan peran seluruh komponen bangsa yang ada di daerah.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan atas kontribusinya, dalam membantu terlaksananya khitanan massal dan pengobatan gratis.

 

“ Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut Dan niat baik kita untuk mewujudkan Maluku sehat dapat terus dirasakan oleh masyarakat,” tandas Gubernur.

 

Di tempat yang sama Ina Latu Maluku, Widya Pratiwi Murad, mengatakan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang ada di lingkungan Kampus IAIN Ambon, dimana memberikan pelayanan preventif, agar keluhan pasien dapat dicegah progresivitasnya dan kuratif untuk mengobati semaksimal mungkin setiap keluhan pasien.

 

Beliau berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini, masyarakat Kota Ambon di lingkungan IAIN Ambon dapat terbantu kesehatannya, sekaligus menjadi motivasi bagi stakeholder lainnya untuk terus bergerak membantu masyarakat.

“ Saya mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan atas kontribusinya melaksanakan pengobatan dan pelayanan kesehatan gratis yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga niat baik kita untuk mewujudkan Maluku sehat terus berprogres, dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat,” pungkas Widya.

 

 

Turut hadir dalam Pelaksanaan Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis di Gedung Kembar, IAIN Ambon, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Maluku, Nita Sadali, Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin, Wakil Ketua Tim Ina Latu Peduli Kesehatan (Ina Latu Malika), Meikyal Pontoh serta sejumlah civitas Akademika IAIN Ambon (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *