SABUROmedia, Jakarta — Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, menghadiri undangan komitmen bersama Bunda PAUD se-Indonesia untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan, di The Sultan Hotel and Residence Jakarta, pada Rabu (7/6/23).

 

Acara yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) diikuti kurang lebih sebanyak 650 orang Peserta yang terdiri dari OASE-KIM, pejabat terkait kementerian/lembaga, Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia, Kepala Dinas Pendididkan Provinsi dan Kabupaten/kota se-Indonesia, sebagai dukungan atas Kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-24 Kemendikbudristek.

 

Tujuan dari kegiatan ini untuk mendukung kebijakan transisi PAUD ke SD di wilayahnya masing-masing, mendorong kolaborasi pemangku kepentingan untuk memastikan gerakan penguatan transisi PAUD ke SD terlaksana di daerah-daerah dan mendukung implememtasi program kerja yang berkaitan denga Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

 

Dalam kesempatan itu, Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim dalam arahanya mengatakan, acara ini adalah bukti dukungan komitmen untuk Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

 

Medikbudristek mengatakan periode PAUD merupakan periode emas yang sangat berharga dalam membentuk nilai-nilai dan kompetensi anak, karena hanya ada beberapa tahun untuk kita membentuk kompetensi-kompetensi dan nilai berharga untuk mereka.

 

Mendikbudristek Nadiem pun menekankan kata kunci menyenangkan dalam proses pembelajaran anak-anak dalam usia PAUD.

 

“ Jika pengalaman tidak menyenangkan, maka proses belajar akan dianggap beban oleh anak. Untuk itu, satu kata yang perlu kita ciptakan yaitu menyenangkan,” ungkapnya.

 

Terhadap dukungan ini, Mendikbudristek berharap peran pemerintah daerah dan peran Bunda PAUD sebagai akselerator agar gerakan transisi tersebut dapat berhasil dilaksanakan.

 

“ Peran Bunda PAUD dan kepala daerah sangat dibutuhkan agar gerakan ini bisa berjalan dan sukses,” tandasnya.

 

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang hadir lewat video yang ditampilkan, menyambut baik inisiatif Kemendikbudristek RI untuk menerapkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

 

Masa kecil anak-anak, kata Ibu Negara adalah masa yang penting dalam tumbuh kembang anak. Masa itu, harus diisi dengan pengetahuan, pengalaman dan juga kenangan yang menyenangkan.

 

“ Hal tersebut bisa dicapai dengan dengan menerapkan proses belajar yang bahagia sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi cerdas dan bahagia,” tandas Ibu Negara. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *