Oleh :

Yusmianto Wally

 

SABUROmedia —¬†Musyawarah Pimpinan Cabang XIV Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Ambon dengan tema “Bersama IMM Wujudkan Kepemimpinan yang Produktif untuk Kota Ambon Berkemajuan” merupakan acara yang sangat penting dan relevan bagi kemajuan kota Ambon.

Pertama-tama, saya ingin mengapresiasi inisiatif IMM dalam mengadakan musyawarah pimpinan cabang dengan tema yang sangat relevan. Kepemimpinan yang produktif adalah salah satu faktor kunci dalam mendorong kemajuan suatu daerah. Dengan memilih tema ini, IMM menunjukkan kesadaran dan tanggung jawabnya sebagai organisasi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan kota Ambon.

Melalui musyawarah ini, IMM memiliki kesempatan untuk mengumpulkan berbagai ide, gagasan, dan rekomendasi dari para anggota dan pemimpin cabangnya. Partisipasi aktif dan kolaborasi antar anggota merupakan aspek penting dalam menciptakan kepengurusan yang produktif dan efektif. Melalui diskusi yang terbuka dan adanya pemahaman bersama, IMM dapat mengidentifikasi tantangan, peluang, serta solusi yang dapat diimplementasikan untuk memajukan kota Ambon.

Kepemimpinan yang produktif mencakup berbagai aspek. Pertama, pemimpin yang produktif harus memiliki visi yang jelas dan tujuan yang terukur. Mereka harus mampu mengembangkan strategi dan program yang dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat kota Ambon. Selain itu, penting bagi IMM untuk fokus pada pembangunan berkelanjutan, mengintegrasikan nilai-nilai Muhammadiyah, dan mempromosikan nilai-nilai keadilan sosial serta keberagaman.

Selain menghasilkan pemimpin yang produktif, IMM juga perlu memberikan pelatihan dan pembekalan kepada anggota dan calon pemimpinnya. Pendidikan dan pengembangan keterampilan kepemimpinan menjadi penting dalam mempersiapkan mereka untuk menghadapi tuntutan dan kompleksitas masa depan. IMM dapat bekerja sama dengan institusi pendidikan, organisasi masyarakat, dan pemerintah daerah untuk menciptakan program pelatihan dan kesempatan pengembangan kepemimpinan yang komprehensif.

Selain itu, dalam mewujudkan kepemimpinan yang produktif, IMM perlu menjalin kemitraan yang kuat dengan berbagai pihak. Kerjasama dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan sektor bisnis dapat memperluas jangkauan dan pengaruh IMM dalam mewujudkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat Ambon.

Terakhir, transparansi dan akuntabilitas harus menjadi prinsip utama dalam kepemimpinan yang produktif. IMM perlu memastikan bahwa penggunaan sumber daya, implementasi program, dan pengambilan keputusan dilakukan dengan cara yang terbuka dan bertanggung jawab. Dalam hal ini, IMM dapat melibatkan masyarakat dalam pengawasan dan evaluasi kegiatan untuk memastikan kesesuaian dan keberhasilan program-program yang dilaksanakan.

Dalam kesimpulan, musyawarah pimpinan cabang XIV IMM Kota Ambon dengan tema “Bersama IMM Wujudkan Kepemimpinan yang Produktif untuk Kota Ambon Berkemajuan” merupakan langkah yang tepat dan penting untuk mendorong kemajuan kota Ambon. Dengan menghasilkan pemimpin yang produktif, berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan berfokus pada transparansi dan akuntabilitas, IMM dapat berkontribusi secara signifikan dalam mewujudkan visi pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan untuk kota Ambon.

 

*** Penulis adalah Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Kota Ambon/ Mantum PC IMM Kota Ambon Periode 2017-2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *