SABUROmedia, Jawa Barat — Mengantisipasi bencana non  alam  Covid -19 dalam libur cuti bersama Idul Fitri 2023, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan tim pemantau antisipasi bencana non alam Covid-19 yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung, Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D. I  Yogyakarta, Jawa Timur dan Provinsi Bali.

 

Salah satu diantara Posko Siaga Bencana pada masa libur Idul Fitri1444H/ Tahun 2023M yang berada di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat itu, berlokasi di Rest Area 102 Tol Cipali.

 

Pada Posko tersebut, BPBD Kabupaten Subang menugaskan anggotanya pada beberapa titik utama pemantauan mudik di Kabupaten Subang, diantarnya: rest area tol Cipali, gerbang tol Cilameri, dengan posko utama yang berlokasi di Kecamatan Ciater.

 

Posko siaga bencana yang terletak di rest area KM 102 ini, selain bertugas untuk melaksanakan pemantauan terhadap bencana non alam Covid-19 dan  sosialisasi serta penyebaran informasi jalur mudik rawan bencana selama arus mudik dan arus balik, juga bersiaga terhadap segala bentuk ancaman bencana.

 

Pada posko siaga bencana ini, BPBD  Kabupaten Subang  bersinergi dengan kementrian dan lembaga lain seperti posko Basarnas, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, serta Polres Subang.

 

Saat Direktur Perencanaan  Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Johny Sumbung beserta tim melakukan peninjauan terhadap Posko Siaga Bencana yang berlokasi di Rest Area Km 102Tol Cipali tersebut, Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB langsung berkoordinasi dengan Kepala Tata Laksana BPBD Kabupaten Subang.

 

Johny Sumbung dalan rilisnya kepada media ini, pada Kamis ( 20/4/2023) menyatakan bahwa, Posko Siaga Bencana yang berlokasi di Rest Area KM 102 Tol Cipali ini diharapkan dapat melakukan pemantauan serta sosialisasi mengenai informasi jalur mudik, terkait kerawanan terhadap bencana alam serta pemantauan terhadap penyebaran Covid- 19 selama mudik, agar Masyarakat  dapat tetap mudik di Tahun 2023 ini dengan tetap sehat, aman dan selamat.

 

Pada Posko Siaga Bencana pada masa Idul Fitri 1444H/ 2023M Kabupaten Subang ini, BPBD Kabupaten Subang menyiapkan, peralatan antara lain, obat – obatan standar P3K, masker, hand sanitizer  velbed, meja dan kursi dalam tenda keluarga yang dapat digunakan oleh Masyarakat untuk menunjang waktu istirahat selama perjalanan mudik.

 

Melalui Posko Siaga Bencana pada masa Idul Fitri 1444H/2023M Kabupaten Subang ini, diharapkan mudik dapat berjalan aman dan nyaman, sehingga Masyarakat dapat berkumpul Bersama keluarga dengan sehat dan selamat. ( SM-NKSBB ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *