SABUROmedia, Maluku — YAYASAN Insan Cerdas Sejahtera (Yayasan Indah) kembali menyalurkan puluhan hewan qurban di Indonesia Timur.

Agenda penyaluran hewan qurban Yayasan Indah merupakan agenda tahunan sejak tahun 2007 silam dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha umat Muslim.

Informasi yang dihimpun media ini, lebih dari 71 ekor sapi Qurban telah terdistribusi sampai ke wilayah-wilayah di Indonesia Timur.

“Total banyakanya qurban yang disalurkan sebanyak 71 ekor. Kami menyalurkan Qurban hingga menjangkau daerah pelosok dan terluar di Indonesia. Misalnya di Daerah Ende NTT ada Desa Maurongga, Desa Wolowona, Desa Raporendu dan juga di Kabupaten MBD seperti Desa Ustutun di Kecamatan Wetar Barat hingga ke Papua-Papua Barat,” ungkapnya, Kamis (22/07)

Umar Atamimi mengakui, momentum pelaksanaan qurban tahun ini diadakan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap tata nilai kehidupan sosial serta keterpurukan ekonomi masyarakat.

“Untuk itu kegiatan penyaluran hewan qurban tahun ini kami senantiasa berkomitmen untuk memilih daerah atau lokasi yang secara geografis maupun demografis tidak terlalu tersentuh dan berada pada situasi yang perlu mendapat perhatian lebih dari semua pihak,” jelasnya.

Lanjut dikatakan, secara khusus, pihaknya lebih banyak menyalurkan untuk wilayah Timur Indonesia. Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah 1442 H atau bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021 dan untuk beberapa lokasi dilakukan/dilanjutkan pada hari-hari tasyrik.

“Pada kesempatan ini Yayasan menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak belum bisa memenuhi permintaan penyaluran di banyak tempat disebabkan keterbatasan penerimaan qurban, Insya Allah semoga di waktu mendatang Yayasan akan banyak lagi merambah wilayah-wilayah lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Yayasan Indah Provinsi Maluku mengaku telah menerima lebih dari 40 ekor hewan qurban untuk provinsi Maluku.

“Kami telah mendistribusikan ke titik-titik (desa/kampung) yang terdata. Semua sudah terdistribusi, Walaupun, sebagian permintaan dari masyarakat dan Desa-desa di Maluku belum dapat kami salurkan karena keterbatasan kuota untuk tahun ini, Insha Allah di tahun depan kita akan lebih maksimal,” paparnya.

Dijelaskan, keseluruhan Indonesia Timur, provinsi Maluku khususnya Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) adalah yang terbanyak menerima bantuan sapi Qurban.

“Kami menyerahkan Hewan qurban beruba sapi menjangkau seluruh titik di Maluku. Terbanyak ada di kabupaten SBB yang mana 11 kecamatan terdistribusi sekaligus. Ini dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H dengan situasi pandemic kami dapat membantu dan berbagi berkat kepada saudara-saudari di tengah masa kebiasaan baru,” ujarnya.

Momentum ini diharapkan dapat menjadi pengingat kepada masyarakat luas untuk senantiasa menyebarkan kebaikan dan saling bahu-membahu terutama dalam situasi sulit seperti yang saat ini dialami di Indonesia dan di seluruh dunia.

Dipaparkan, proses penyembelihan dipastikan mengikuti protokol kesehatan ketat untuk kota Ambon yang tengah menjalani masa PPKM.

Yayasan, memastikan bantuan tersebut akan tersalurkan secara terarah dan tepat sasaran sehingga dapat memberikan manfaat bagi yang menerimanya.

“Kami berharap pembagian hewan kurban ini dapat membatu penanganan masalah sosial maupun ekonomi di tengah masa pandemi Covid-19 yang sedang dialami masyarakat,” pungkasnya.* (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *