SABUROmedia, Ambon – Menang kalah dalam kompetisi adalah hal yang normatif, tetapi dalam proses kompetisi harusnya dilakukan secara profesional dan transparan sehingga siapapun yang terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Maluku 2021 akan menjadi role model, pemersatu yang bisa bersinergi dengan semua peserta kompetisi untuk bisa bersama sama melestarikan bahasa diseluruh pelosok wilayah di dalam Provinsi Maluku. “Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku 2021 seperti pemilihan kucing dalam karung”. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Iqra Buru : Firman Gazali Djunaidi via seluler kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.
“Sebagai pimpinan Fakultas yang menugaskan mahasiswi saya Feni Ayu Lestari dalam mengikuti kompetisi Duta Bahasa Provinsi Maluku 2021, saya memantau dan selalu diinfokan setiap proses perkembangan seleksi yang dilakukan oleh mahasiswi saya. Ketika proses test UKBI banyak kendala teknis yang dialami oleh banyak peserta termasuk Feni Ayu Lestari tetapi ada solusi yang diberikan panitia untuk diulang proses test online, tetapi setelah test diulang, dalam Test UKBI Seksi 1 untuk Seksi Mendengarkan masih sama kendala teknis, yang mana tidak terdengar suara”
Kemudian dalam tahapan selanjutnya adalah tahapan voting like pada akun Instagram ika.dubasmaluku yang mana setiap peserta termasuk Feni Ayu Lestari yang diinfokan via Whatsapp dari panitia yaitu “Teman-teman, sudah terunggah foto masing-masing finalis pada akun IG Ika.dubas, silakan infokan kpd teman/saudara untuk disukai sebanyak-banyaknya karena jumlah penyuka terbanyak akan menjadi juara favorit. Batas akhirnya sampai malam puncak tanggal 9”
Setelah saya diinfokan oleh Feny Ayu Lestari saya meneruskan pesan tersebut kepada seluruh Civitas Akademika Universitas Iqra Buru, Komunitas Seniman, Komunitas Budaya, Paguyuban dan seluruh stakeholder di Namlea untuk memberikan dukungan Vote Like di Instagram kepada Feny Ayu Lestari Keterwakilan dari Kabupaten Buru. Hasil yang diperoleh di akun Instagram Ika.dubas, perolehan Vote Feni Ayu Lestari mencapai 5.557 Like. Terunggul dari keseluruhan peserta Namun setelah pengumuman juara, tidak diumumkan kriteria penilaian berdasarkan Test UKBI maupun Vote Like.
Semua Proses dalam kompetisi yang dilakukan pada pemilihan Duta Bahasa Provinsi Maluku, sudah diinformasikan kepada seluruh stakeholder di kabupaten Buru yang memberikan dukungan Vote (Like)nya pada akun Instagram Ika.dubas kepada Feni Ayu Lestari. Beragam perspektif dan spekulasi negatif bermunculan atas proses kompetisi Duta Bahasa Provinsi Maluku. Saya pastikan kedepannya tidak akan ada lagi peserta dengan sungguh sungguh berminat mengikuti kompetisi yang dilakukan oleh kantor Bahasa Provinsi Maluku. Karena framing kami terhadap penyelenggaraan kompetisi di Kantor Bahasa Provinsi Maluku Sudah tidak bisa dipercaya“Tandasnya (SM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *