SABUROmedia, Ambon – Dinas Pertanian Provinsi Maluku melalui UPTD Balai Diklat Pertanian sebagai Tugas Pokoknya Melaksanakan Pelatihan dan Penyediaan Penyuluh Pertanian Pada Komoditas Tanaman Padi Tahun 2024, yang bertempat di Balai Diklat Pertanian Provinsi Maluku, Senin (24/06/2024).

 

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh Pertanian dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di lapangan bersama dengan Petani.

 

Kepala Dinas Pertanian Maluku, Dr Ilham Tauda hadir sekaligus berkesempatan memberikan arahan dan membuka acara ini.

 

Beliau menyampaikan, “ Tanaman padi merupakan komoditi potensial dan memegang peranan penting bagi perekonomian negara yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan pangan utama yang setiap tahunnya meningkat karena pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan, “ Jelasnya, yang juga Fungsionaris ICMI Orwil Maluku ini.

 

“ Padi sebagai tanaman penghasil beras menjadi komoditas yang sangat penting bagi Indonesia, selain sebagai penghasil bahan pangan pokok, komoditi padi juga merupakan sumber penghasilan utama dari jutaan petani, “ sambungnya.

 

“ Beras juga menjadi bahan pangan pokok Masyarakat dari sebagian besar negara di Asia dan bahkan sebagian besar penduduk di dunia. Ketahanan pangan bagi Indonesia berkaitan sangat erat dengan kecukupan penyediaan beras, “ tambah alumni HMI Komisariat Pertanian Unpatti ini.

 

Dengan demikian Padi bukan hanya penting sebagai komoditi pangan, tetapi juga penting sebagai komoditi ekonomi, komoditi budaya, komoditi strategis, dan komoditi politik, ucapnya.

 

Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pertanian Provinsi Maluku terus mendorong para petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi melalui penyediaan benih unggul, pupuk serta sarana produksi berupa alat dan mesin pertanian, jelasnya.

 

Peserta Pelatihan adalah Penyuluh yang belum pernah mengikuti Pelatihan sejenis, yang diikuti 25 orang Peserta yang berasal dari 4 Kabupaten yang merupakan daerah sentra/ pengembangan Komoditi Tanaman Padi. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *