SABUROmedia, Ambon — Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Lima Satu Seira (IKLAS) Ambon Periode 2024-2028, di Aula GPM, Sabtu (01/06/2024).

 

Berdasarkan SK Pelantikan Pengurus IKLAS Periode 2024-2028, Nomor : 001/K/IKLAS-AMBON/VI/2024, Pendeta James Rengrengulu resmi menjabat sebagai Ketua Umum menggantikan Pendeta Victor Fadirsair.

 

Didampingi sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, Pj. Gubernur menyaksikan suguhan tarian adat khas Tanimbar, sebelum prosesi pelantikan.

 

Saat memberikan sambutan, Pj. Gubernur menggunakan dialek Tanimbar, sebagaimana ungkapan luhur orang Seira dihadapan pengurus dan undangan yang hadir.

 

“ Sebagaimana ungkapan luhur orang Seira yaitu Itlima Tna Isa, Boma Tbana Nung Ulu Isa Tangai Isa, Okun Tna Watu, (Lima jadi satu, tentu jadi maju. Satu lawan satu, pasti jad batu),” ujarnya berdialek Tanimbar.

 

Kalimat diatas, sambung Pj. Gubernur, adalah ungkapan yang menjunjung tinggi nilai persaudaraan yang telah dibangun para leluhur agar orang bersaudara bisa belajar untuk saling memahami, mempercayai, memiliki, mencintai, membanggakan dan menghidupi.

 

“ Ungkapan diatas, sebetulnya mencerminkan sketsa orang Maluku khususnya pengurus IKLAS, yang tidak hanya berhubungan secara faktor geneologis (Darah) semata, namun lebih mengekspresikan orang Maluku sebagai makhluk sosial yang sangat adatis, serta menjunjung tinggi kebersamaan sebagai orang bersaudara,” sambungnya.

 

Sebab, lanjut Pj. Gubernur, persaudaraan merupakan salah satu modal sosial kultural orang Maluku yang disebut “Gandong” yang merupakan sistem persaudaraan antara seluruh penduduk dari dua atau lebih desa, berdasarkan adat karena punya hubungan darah.

 

“ Sebagai sistem persaudaraan, Gandong mampu melintasi batas-batas suku, sub-suku dan agama dari tiap-tiap negeri yang ber-Gandong, sebagaimana hubungan persaudaraan Lima Satu Seira yang berada di Kota Ambon,” katanya.

 

Selain itu, menurut Pj. Gubernur, ikatan persaudaraan sebagai identitas orang Maluku yang khas, telah menyuguhkan tingkat peradaban yang tinggi dalam pertalian sejati. Bagaikan “Satu hati dan satu jantung”.

 

Pj. Gubernur pun berharap, organisasi IKLAS menjadi wadah silaturahmi persaudaraan antara Desa Weratan, Temin, Welutu, Rumsalut dan Kamatubun di Pulau Seira, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

 

“ Untuk itu, saya mengapresiasi kegiatan pelantikan ini, dalam memperkuat hubungan orang bersaudara serta menjadi media untuk bertemu dan bercerita tentang membangun masa depan yang lebih maju dan sejahtera,” harapnya. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *