SABUROmedia, Fakfak — Pemerintah Kabupaten Fakfak melalui Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak kali ini menyelenggarakan Musrembang Tingkat Distrik Tahun 2024 dengan membentuk Zonasi Perwilayah Distrik.

 

Hal itu disampaikan Sekretaris Bapedda dan Litbang Fakfak, Awal Woretma kepada awak media SM di Bomberay Fakfak Papua Barat, Sabtu (25/05/2024).

 

” Di Musrenbang distrik ini kita akan berbicara lebih membawa distrik dalam bentuk zonasi, jadi ada beberapa distrik kita sudah lakukan seperti di Distrik Furwagi dan Teluk Patipi itu kita rangkai dalam satu zonasi, dan itu dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Fakfak,” kata Awal Woretma.

 

Awal pun menjelaskan, dirangkai dalam zonasi ini seperti, di wilayah distrik tersebut mempunyai potensi perikanan, maka Pemerintah Daerah akan dorong distrik tersebut untuk fokus di bidang perikanan, begitu pun bidang lain dan distrik Karas serta Fakfak Timur.

 

” Begitu juga dihari ini Musrenbang di Tomage dan Bomberay, harus kita bicara dan dibentuk dalam zonasi. Misalnya Bomberay-Tomage masuk dalam zonasi agrowisata, pertanian terpadu, atau perternakan, ini yang akan kita sepakati, sehingga adanya zonasi ini masing – masing distrik dapat difokuskan pada potensi yang ada diwilayahnya,” jelas Sekretaris Bappeda dan Litbang.

 

Tentunya, kata Awal Woretma, kepentingan kampung sudah dibahas dan dimasukan dalam musrenbang tingkat distrik serta membentuk zonasi tersebut.

 

Selain itu juga, Awal mengatakan, Musrenbang ini adalah agenda rutinitas yang setiap tahunnya harus dilakukan, ini juga diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional.

 

 

” Artinya kita menyusun perencanaan tingkat distrik, Kabupaten, Provinsi sampai nasional sudah diatur dalam undang – undang. Mau tidak mau kita harus lakukan, walaupun belum semua terjawab tetapi secara terus-menerus yang kita rencanakan bisa terjawab. Program ini juga akan disusun dalam RKPD di Tahun 2025,” pungkasnya. (SM-FF01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *