SABUROmedia, Ambon — Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Pieter Kakisina., S.Pd., M.Si saat memberikan sambutannya pada acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru FK Unpati yang di hadiri oleh Penjabat Gubenur Maluku, Ir. Sadli Ie., M.Si., IPU, pada Selasa (14/05/2024).

 

Beliau mengatakan, dalam upaya pengembangan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura dan menyiapkan kualitas SDM dalam bidang kesehatan, maka FK Unpatti telah bekerja selama 4 tahun untuk mempersiapkan pembukaan Program studi kedokteran gigi.

 

“ Kurangnya tenaga dokter gigi pada pusat kesehatan masyarakat yang ada di Provinsi Maluku menjadi perhatian tersendiri. Maluku membutuhkan dokter gigi yang nantinya dapat disebarkan pada pulau-pulau yang ada di Maluku. Untuk pendirian Prodi kedokteran gigi diperlukan beberapa pra-syarat dan dokumen pendukung, dan FK Unpatti sudah berupaya untuk memenuhi semua ketentuan yang ada, serta berharap dapat teralisasi karena akan sangat memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat di kawasan Timur Indonesia, ” jelasnya,

 

Prof. Kakisina berharap, kepada Pemerintah Provinsi Maluku untuk memberi dukungan dan mendorong percepatan pembukaan Prodi kedokteran gigi FK Unpatti nantinya.

 

Pada Kesempatan yang sama, Penjabat Gubenur Maluku, Ir. Sadli Ie., IPU, menanggapi apa yang di harapkan FK Unpatti, Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku berkomitmen untuk mendukung upaya peningkatan SDM bidang kesehatan di Provinsi Maluku, termasuk pembukaan Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

 

“ Maluku dengan letak geografis Kepulauan mengakibatkan konektifitas pelayanan kesehatan agak sulit sehingga perlu adanya ketersediaan dokter pada pusat-pusat pelayanan kesehatan di Pulau – pulau. Untuk itu dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Rektor dan Dekan FK Unpatti bahkan Pemerintah Daerah akan menyurati Kementerian terkait sebagai bentuk dukungan pembukaan Program Studi Kedokteran Gigi. Pemerintah Provinsi bersama Unpatti akan bersama memperjuangkan dan berupaya semaksimal mungkin pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unpatti dapat segera terealisasi, ” ungkapnya.

 

 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Dr. dr. Bertha Jean Que,. Sp.S., M.Kes memberikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Provinsi Maluku terkait pembukaan Prodi Kedokteran Gigi.

 

“ Indonesia Timur sangat membutuhkan SDM dan pelayanan kesehatan gigi, Sehingga harapannya, dengan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah dapat membantu percepatan pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Unpatti, ” ungkap Dekan. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *