SABUROmedia, Ambon — Janji Pemerintah Kota (Pemkot), untuk mengosongkan Pasar Gambus, yang berlokasi di kawasan Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, akhirnya terealisasi.

 

Pantauan media ini dilokasi Pasar Lama, 86 Kepala Keluarga (KK) Dengan Jumlah Jiwa 356 warga yang selama ini menempati kawasan tersebut, perlahan – lahan meninggalkan lokasi tersebut.

 

” Sesuai kesepakatan kita (warga-red), dengan Pemerintah Kota terutama Bapak Penjabat Wali Kota, maka sudah saatnya kita kosongkan lokasi ini. Pengosongan ini sudah mulai kita lakukan hari ini (Rabu kemarin-red),” kata dia, salah seorang yang tak mau menyebutkan namanya kepada wartawan SM dilokasi tersebut, Rabu (01/05/2024) kemarin.

 

Menurutnya, ratusan warga yang selama ini mendiami lokasi tersebut, sudah pindah dan menempati sejumlah kawasan di Kota Ambon.

 

” Ada yang pindah ke Arbes, IAIN, Batumerah, Waiheru, Teluk Ambon, dan beberapa lokasi lain,” bebernya.

 

Dikatakan, pengosongan lokasi tersebut dilakukan secara sadar tanpa ada tindakan apapun.

 

” Kita lakukan dengan baik – baik, sebab sesuai kesepakatan kami dengan Pemerintah Kota, tanpa ada tindakan apapun, termasuk tidak ada penertiban dari Pemerintah Kota. Kita tinggalkan lokasi ini sebab ini lahan milik Pemerintah Kota,” ujarnya.

 

Meski demikian, dirinya berharap, agar Pemerintah Kota Ambon, tidak mengingkari janji mereka untuk memprioritaskan para warga eks lokasi tersebut, ketika dijadikan sebagai pusat perekonomian baru di Kota Ambon.

 

” Kita berharap agar kita kembali untuk berjualan disini, sebab akan dijadikan sebagai lokasi kuliner,” tandasnya. (SM-MSA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *