SABUROmedia, Ambon – Universitas Pattimura menghadiri acara Pelantikan Penjabat Gubernur Maluku Oleh Menteri Dalam Negeri RI H. Muhammad Tito Karnavian di Lantai III Gedung C Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta pada Jumat (26/04/2024).

 

Sadali Ie Mantan Kepala Dinas Kehutanan Maluku ini sehari sebelumnya juga ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Maluku menyusul berakhirnya masa jabatan Gubernur Maluku Murad Ismail dan Wakil Gubernur (Wagub) Barnabas Orno pada 24 April 2024 lalu. Sekda Maluku saat ini kemudian dilantik menjadi Penjabat Gubernur Maluku berdasarkan SK Presiden Nomor: 51/P tahun 2024 taggal 25 April 2024.

 

 

Mendagri H M. Tito Karnavian melantik dan mengambil sumpah secara langsung Sadali Ie sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Maluku.

 

Dalam arahannya, Mendagri minta Pj Gubernur Maluku maksimalkan persiapan Pilkada serentak 2024 dan Minta mempertahankan keberhasilan yang sudah dicapai Gubernur Maluku sebelumnya, Murad Ismail, yang juga mantan Dankor Brimob Polri di era beliau Kapolri.

“ Dalam konteks Pilkada ini, Penjabat sebagai birokrat non Partai tolong mengambil posisi netral biarkan pasangan calon bertanding secara sehat,” kata Mendagri.

“ Oleh karena itu saya minta betul di Maluku lakukan langkah – langkah proaktif, kerjasama dengan Forkopimda dan pemangku kepentingan terkait di tengah situasi sekarang masa sengketa legislatif, setelah itu akan menghadapi agenda yang sangat penting yaitu Pilkada, yang serempak di seluruh Indonesia untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia,” ujar Mendagri Tito Karnavian ini.

Dirinya juga meminta Penjabat Gubernur Sadali Ie dapat segera merealisasikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai komitmen untuk membiayai Pilkada.

Disamping itu, beliau juga minta, masalah stunting, kemiskinan ekstrem, pendidikan dan kesehatan juga menjadi atensi utama.

“ Maluku punya sumber daya alam yang luar biasa, maka Saya mohon dengan hormat karena kemiskinan ekstrem dan stunting masih cukup tinggi meskipun sudah berkurang fokuslah pada bidang pembangunan sumber daya manusia, sehingga anak – anak generasi muda Maluku tidak menjadi penonton di kampung sendiri,” pintanya.

Di akhir, Mendagri berharap Sadali, dapat membangun hubungan yang baik dengan Forkopimda, Bupati/ Walikota, Legislatif, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan stakeholder terkait, dalam menghadapi tantangan kedepan agar dapat mempertahankan capaian kinerja Murad-Orno selama lima tahun kemarin, harap Tito.

 

 

Rektor Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd bersama Wakil Rektor Unpatti serta IKAPATTI turut menghadiri acara Pelantikan dan Syukuran Pelantikan Penjabat Gubernur Maluku yang berlangsung di Lantai 8 GIIA Maluku Hotel (ex Mess Maluku), pada Jumat (26/4/2024).

 

Dr. Ruslan H. S. Tawari., M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Unpatti yang dihubungi media SM, menyampaikan Keluarga Besar Unpatti Selamat serta harapan, semoga di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sadali Ie, Maluku kian lebih baik lagi di masa – masa mendatang.

 

“ Kita berharap Semoga selalu diberikan kekuatan, kemudahan, dan kesuksesan dalam mengemban amanah ini. Kita berharap juga hubungan kemitraan yang harmonis antar instansi sekarang, Media, Perguruan Tinggi, Executive – Legislatif dan lainnya, semoga terus berkembang baik di daerah ini, melanjutkan keberhasilan Gubernur Murad sebelumnya, terutama bersama Pemerintah Provinsi Maluku.

Acara turut dihadiri Gubernur Maluku Periode 2019 – 2024 Murad Ismail bersama Istri, Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kemendagri, serta Forkopimda, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Perguruan Tinggi di Daerah dan Undangan lainnya. Acara Syukuran itu diakhiri dengan Ucapan Selamat dan sesi Fhoto bersama (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *