SABUROmedia, Ambon — Dalam mengembangkan potensi serta kemampuan Mahasiswa, Universitas Pattimura (Unpatti) terus melakukan terobosan dan inovasi terbaru menuju World Class University.

 

Unpatti melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Hasjrat Abadi dan juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Universitas Pattimura dan PT. Hasjrat Abadi, yang berlangsung di Ruang Rapat Rektor Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, (25/05/2024).

 

Penandatanganan MoU dan PKS yang dibangun oleh kedua pihak dalam rangka Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, serta Pendayagunaan Lulusan dan Seleksi Calon Karyawan.

 

“ Agenda yang dilakukan saat ini dalam rangka membangun kolaborasi bersama untuk kemajuan sebuah institusi. Selain itu juga kami melakukan kerjasama dengan berbagai pihak baik pemerintah, swasta, dunia industri dan usaha, LSM, media cetak dan elektronik. Sebagai lembaga pendidikan tinggi tentunya, kami mendapatkan berbagai penilaian yang harus dievaluasi bersama serta kriteria pencapaian sebuah perguruan tinggi yang unggul harus dipenuhi dengan cara kerjasama yang membawa dampak positif bagi perguruan tinggi khususnya bagi para lulusan,” ujar Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam menyampaikan sambutan.

 

Beliau juga mengatakan, hal ini perlu dilakukan agar para lulusan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing – masing, dan bisa berwirausaha sehingga menjadi entrepreneur muda yang siap bekerja ditengah masyarakat. Untuk melihat agar para lulusan terserap/bekerja di dunia kerja, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan terus membangun kerjasama yang dibangun dengan berbagai stakeholder.

 

“ Kami selalu terbuka dengan semua pihak yang ingin melakukan kerjasama/berkolaborasi dengan Universitas Pattimura yang dapat dibuktikan dengan dokumen MoU. Hal ini perlu dilakukan karena kedepannya ada penilaian dari kementerian dalam rangka kerjasama yang sudah dibangun selama ini,” terang Rektor.

 

Prof Leiwakabessy berharap MoU yang dilakukan saat ini dapat diimplementasikan melalui PKS pada setiap fakultas yang ada di Universitas Pattimura, dan melalui kerjasama ini lulusan Unpatti kiranya mendapatkan kemudahan dalam proses recruitmen dan siap bekerja ditengah masyarakat.

 

Mewakili Direktur PT. Hasjrat Abadi, Kepala Departemen Organization Development and Talent Acquisition, Ibu Caecilia Puspitasari mengatakan, PT. Hasjrat Abadi merupakan sebuah perusahaan dengan basic otomotif, dan terdapat berbagai merek diantaranya Toyota, Yamaha, Yamaha Outboard Motor (Produk Mesin Kapal), Yanmar (Produk Pertanian) dan Dunlop (Produk ban roda dua dan empat).

 

“ Hasjrat Abadi Cabang Ambon memiliki 11 outlet yang tersebar di wilayah Maluku, dan karena itu kami perlu melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di Maluku khususnya Universitas Pattimura untuk merecruitment lulusan pada posisi Management Trainee melalui program akselerasi, “ ujarnya.

 

“ Program ini bertujuan untuk mendapatkan kandidat yang memiliki kualitas serta potensi untuk menempati posisi manajerial di suatu perusahaan. Jadi ada program khusus yang sudah ditetapkan dengan tahapan-tahapan pembelajaran yang dimulai dari technical skill, soft skill hingga pada trainingnya. Memang yang kita butuhkan adalah para lulusan dari Unpatti untuk siap bekerja dan ditempatkan diluar Ambon, karena cabang Perusahaan kami juga tersebar dari Manado sampai ke Papua. Dengan tahapan dan program yang sudah ditetapkan maka ditahun mendatang tentu lulusan akan ditempatkan dengan posisi supervisor,” sambungnya.

 

Beliau berharap MoU dan PKS yang dibangun tidak hanya sampai disini saja, akan tetapi dapat meluas ke tingkat fakultas dan program studi. Selain itu juga diharapkan agar para lulusan Universitas Pattimura juga bisa bekerja pada posisi Management Trainee ini.

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Wakil Rektor Universitas Pattimura, Ibu Syenny Kairupan (Kepala Cabang Ambon, Ibu Julia Souisa (Kepala Seksi Umum) dan Sub Koordinator Kerjasam Universitas Pattimura beserta staf. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *