SABUROmedia, SBB — Sekretaris Fraksi PDI- Perjuangan, Jodis Rumasoal., SH memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten SBB, melalui Dinas PU PR SBB, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) SBB  yang pada beberapa minggu lalu, melakukan kunjungan sekaligus meninjau bencana banjir yang melanda Desa Taniwel  dan Desa Persiapan Lasahata.

 

Rumasoal dalam komunikasinya pada media ini, pada  Rabu, (3/4/2024) mengungkapkan, akibat hujan deras yang menyebabkan meluapnya air sungai Sapalewa dan Sungai Mala sehingga  menggenang 70 lebih rumah warga, selain menggenangi rumah warga, beberapa fasilitas umum juga terdampak bencana banjir tersebut yaitu, Sekolah, Gereja dan Puskesmas.

 

Karena meluapnya air sungai tersebut yang merendam pemukiman warga maka berdampak pada  warga yang terpapar penyakit mulai dari demam, sakit gatal- gatal pada kulit dan persoalan sosial lainnya.

 

Menurut anggota Komisi II DPRD SBB ini, untuk mengatasi persoalan itu, Pemerintah Desa Taniwel juga telah mengambil langkah i dengan memberikan hibah pembebasan lahan yang ditujukan untuk normalisasi sungai Wai Mala, sepanjang kurang lebih 2 Km dari titik jebolan aliran air.

 

” Kami minta bahwa persoalan banjir  yang  sudah terjadi beberapa kali ini,   tetapi belum  direspon agar Pemerintah dan pihak terkait segera memberikan perhatian serius, agar kedepan tidak lagi terjadi  masalah – masalah  yang tidak diinginkan sehingga mengganggu kestabilan pembangunan, kesehatan dan masalah -masalah sosial lainnya  didesa taniwel dan Desa Persiapan  Lasahata. ” urai Jodis

 

Anggota DPRD SBB ini juga menyatakan, telah melakukan koordinasi dengan Penjabat Bupati SBB, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk menerbitkan rekomendasi untuk menindaklanjuti pekerjaan normalisasi kali Waimala.

 

Menurut Rumasoal proses  tersebut masih menunggu rekomendasi dari Dinas BPBD SBB kepada penjabat Bupati SBB untuk ditandatangani.

 

Anggota DPRD dari Fraksi PDI-P ini juga menegaskan, tergenangnya Puskesmas Taniwel akibat banjir tersebut sangat disesalkan, karena Puskesmas Taniwel merupakan Puskesmas rawat inap yang selalu melayani pasien dari Taniwel dan juga pasien dari  Pegunungan di Taniwel. (SM-NKSBB) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *