SABUROmedia, Ambon — Pencanangan Dies Natalis Universitas Pattimura ke-61 digelar Jumat, (8/3/2024).

 

“ Unpatti Unggul Untuk Generasi Emas Indonesia” menjadi tema Dies Natalis ke-61.

 

Kegiatan Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon gas dengan banner Slogan Dies Natalis dan pelepasan burung merpati oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd dan di dampingi oleh Ketua Senat, para pimpinan Universitas, Fakultas, Lembaga, dan Pascasarjana yang diiringi oleh totobuang, dan berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura.

 

Sebelumnya acara diawali dengan pengambilan Api Obor Dies Natalis yang berpusat di Lapangan Merdeka Ambon. Penyalaan api obor dilakukan secara tradisional melalui gesekan bambu, dan dinyalakan oleh Ketua Panitia Dies Natalis, Prof. Dr. Albertus Fenanlampir., S.Pd., M.Pd., AIFO dan diserahkan kepada Pj. Walikota Ambon Drs. Bodewin M. Wattimena., M.Si.

 

Selanjutnya api obor diserahkan kepada salah satu mantan Rektor Dr. Mus Huliselan., DEA untuk dilakukan parade dan estafet obor oleh perwakilan dari masing-masing Fakultas dan Pascasarjana menuju lapangan Upacara Universitas Pattimura.

 

Kemudian api obor diterima oleh Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prof. Dr, I. H. Wenno., S.Pd., M.Pd selaku tuan rumah pelaksaan Dies Natalis ke-61. Dekan menyerahkan obor tersebut kepada Rektor Universitas Pattimura dan Rektor menyalakan obor utama Dies Natalis yang berada di lokasi Lapangan Upacara Unpatti.

 

Mantan Rektor Unpatti, Dr. Mus Huliselan, DEA dalam sambutan mengatakan, saat ini semua Perguruan Tinggi berada pada suatu proses persaingan untuk mencapai keunggulan, bukan hanya unggul secara nasional tetapi juga secara internasional.

 

Karena itu melalui tema dies natalis ini tentu menjadi sebuah tantangan untuk bagimana berjuang bersama-sama kedepan yang sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Pattimura yaitu berkarakter dan berbudaya kepulauan, sambungnya.

 

“ Untuk mencapai hal tersebut tentu membutuhkan perjuangan dan kerjasama bersama agar pendidikan Universitas Pattimura semakin unggul”, ungkap Dr. Mus Huliselan.

 

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi pencanangan dies natalis mengatakan, tema yang diangkat dalam dies natalis unpatti ke-61 yakni, Unpati Unggul Untuk generasi emas Indonesia, dapat memberikan semangat kepada sivitas akademika unpatti untuk terus menumbuhkan kesadaran kolektif, bersama-sama bergandeng tangan dengan tekat menciptakan Unpatti Unggul, bersinar, Menuju World Class University.

 

“ Saya mengajak kita semua seluruh Sivitas Akademika Unpatti dengan tekat yang kuat, kita wujudkan Unpatti yang Unggul dengan segala potensi yang dimiliki untuk pengembangan tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, Penelitian serta pengabdian kepada masyarakat dengan semangat hotumese unpatti terus berkontribusi memberikan inovasi terbaik dalam pengembangan pendidikan. Unpatti sebagai Kampus Orang Basudara menjadikan Unpatti sebagai rumah bersama kita untuk menciptakan, generasi emas Indonesia” tutup rektor.

 

“ Sebagai kampus orang basudara mari kita memajukan kampus ini dengan berfokus kepada Tridarma perguruan tinggi. Agenda kegiatan dies natalis ke-61 berorientasi kepada kegiatan akademik, sehingga melalui seluruh kegiatan dies natalis dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan Universitas Pattimura kedepannya, ” ungkap Dekan Fakultas KIP, Prof. Dr. I. H. Wenno, S.Pd., M.Pd

 

 

Acara pencanangan dies natalis ini dimeriahkan dengan sunguhan seni, senam erobik dan dilanjutkan dengan permainan King atau Bingo.

 

Kegiatan ini semakin meriah karena dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Maluku, Seluruh Civitas Akademika dan tenaga kependidikan dalam lingkup Universitas Pattimura, para sesepuh, stage holder serta tamu undangan lainnya.

 

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam rangka peringatan dies natalis ke 61 diantaranya Sehari Mengabdi Kepada Masyarakat, Dialog Interaktif, Pattimura Expo, hingga puncak dies natalis pada tanggal 23 April 2024 nanti. (SM-HumasUPT)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *