SABUROmedia, Baubau — Konser Drama Musikal Gambus Warnai Pekan Kebudayaan Nasional 2023 Di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) Minggu 20/08/2023.

Kegiatan yang berlangsung di gedung Kampus Unidayan Kota Baubau ini, diikuti sebanyak 15 orang peserta yang berasal dari Kota Baubau, Buton, Buton Selatan, Wakatobi, dan Buton Tengah.

Manager Program kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2023, Firman mengatakan, ini merupakan suatu rangkaian dari pekan kebudayaan Nasional, tujuan dihelatnya acara ini yaitu untuk merawat bumi. Acara ini tidak hanya berupa kesenian, tapi juga merupakan penelitian dan nantinya akan menghasilkan dua karya yakni karya lagu, dan karya cerita yang diaplikasikan dalam bentuk tulisan.

“Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia dan baubau merupakan salah satu kota yang menjadi tempat penyelenggaraan pekan kebudayaan nasional sebelum menuju Jakarta,” ungkap Firman

Ia menuturkan sebelum menuju Jakarta, hasil penelitian di tiap kota itu dituangkan dalam presentasi karya dalam bentuk konser drama, jadi apa yang diteliti adalah rantai bunyi namanya. rantai bunyi adalah suatu kegiatan atau upaya untuk melihat suatu keterhubungan musik nusantara lewat jejak atau seni tradisi bagaimana mereka saling terhubung.

“Sebelumnya di Bangka Belitung, kemudian menuju ke sini, disini kita melihat bagaimana rantai bunyi di Bangka Belitung terhubung dengan musik gambus yang ada di Sulawesi Tenggara, kemudian menuju ke Maumere, Papua dan Ternate. Untuk melihat keterkaitan rantai bunyi yang ada di daerah – daerah tersebut Bagaimana dia saling terhubung,” tambah firman.

Kegiatan ini turut dihadir Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan, Direksi Musik dan Media, Sultan Buton, serta Rektor Unidayan. Sementara penyelengara kegiatan ini sendiri adalah Kemendikbud Ristek RI. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *