SABUROmedia, Ambon — Kapal Layar Django akhirnya memastikan tempatnya diposisi kedua yang berhasil menyentuh garis finish, setelah kapal layar Endorfin, dalam ajang lomba bertajuk Spice Islands Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2023.

Kapal Layar Django yang bertipe mumby catamaran dengan Skipper Timothy Dupe, yang berbendera Australia ini, memulai startnya dari Darwin – Australia Utara pada Sabtu, (05/08/2023) Pukul 10.00 waktu setempat, dan berhasil menyentuh finish di desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon pada Selasa (08/08/2023) Pukul 15.52 WIT.

Sebelum Django menyentuh finish, Kapal Layar Endorfin yang berbendera Australia dengan skipper Michael Gilles sudah lebih dahulu memastikan diri sebagai kapal layar pertama yang berhasil menyentuh finish.

Kapal layar Endorfin memulai starnya dari Darwin – Australia Utara pada Sabtu, (05/08/2023) Pukul 10.00 waktu setempat, dan berhasil masuk finish di desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon pada Selasa, (08/08/2023) Pukul 07.50 WIT.

Pada posisi ketiga ditempati Nautilus Darwin dengan skipper John Punch yang sementara dalam perjalanan menuju garis finish, posisi selanjutnya ditempati kapal layar Finally, seterusnya Balladier 2, The Lone Graiger dan Boussole.

Sementara kapal layar La Boheme masih terus melanjutkan perjalananya, namun sudah mengunakan mesin dan kapal layar ini juga sudah dipastikan terdiskualifikasi, karena sesuai aturan yacht race, kapal dilarang mengunakan mesin pada saat perlombaan.

Untuk diketahui, Meskipun Kapal layar Django menyentuh finish di urutan dua, tapi kapal ini merupakan pemenang pertama dari jenis kapal multihull atau kapal dengan lebih dari satu lambung, sementara Endorfin tetap menjadi pemenang pertama di ajang Spice Islands Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2023. Khususnya untuk tipe monohull atau kapal dengan satu lambung.

Lomba kapal layar SIDAYR sendiri merupakan lomba kapal layar yang digelar Dinah Beach Cruising Yacht  Association setiap bulan Juli atau Agustus, pemilihan dua bulan ini dikarenakan tiupan angin di kedua bulan ini sangat ideal untuk melakukan perlombaan.

Kegiatan SIDAYR sendiri merupakan agenda tahunan yang berlangsung di desa Amahusu dan sudah digelar sejak 1976, namun pada 1999 kegiatan ini sempat terhenti akibat konflik sosial di kota Ambon.

Kemudian dilanjutkan kembali di 2007 tetapi dengan jumlah peserta yang mengalami penurunan, dan perlombaan ini terakhir digelar  pada 2019 lalu dengan jumlah peserta hanya 11 kapal layar, dan pada tahun yang sama pula kegiatan ini terhenti akibat  pandemi covid-19 kemudian ditahun 2023 barulah kegiatan ini kembali digelar. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *