SABUROmedia, Bursel — KPU Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menerima Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kab SBB, Kantor KPU Bursel Namrole, Minggu (21/5/2024).

 

Hal ini disampaikan Devisi Perencanaan & Data KPU Kab SBB, Upang Djalal., SH melalui pesan Whatshapp ke media ini.

 

“ Hari ini kami, membawa Bendera Kirab Pemilu tahun 2024 untuk diserahkan oleh Ketua KPU Seram Bagian Barat (SBB), Syarif Hehanussa kepada Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulauw, “ ungkap Upang Djalal, yang juga mantan Komisioner Panwaslu Kab SBB ini.

 

Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua KPU SBB yang telah mengantarkan bendera Kirab Pemilu 2024 ke Bursel.

 

Dimana Bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 ini sudah bergerak dari titik kota Jayapura atau titik awal jalur tujuh dan saat ini sudah tiba di Bursel kurang lebih 3 bulan 7 hari perjalanan.

 

“ Kirab ini sebagai sarana sosialisasi Pemilu agar masyarakat Kabupaten Bursel mengetahui rakyat tahun 2024 sehingga Pemilu dapat berjalan dengan baik dan partisipasi masyarakat bisa meningkat,” kata Mahulauw.

 

Ketua KPU Syarif Mahulauw menuturkan, Kirab Pemilu ini adalah sarana integrasi bangsa untuk menyukseskan Pemilu 2024 yang merupakan tugas KPU RI, Provinsi dan Kab/ Kota.

 

“ Kirab merupakan sarana sosialisasi yang berintegrasi sesuai surat keputusan KPU Pusat menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024 yang berkualitas” ujarnya.

 

 

“ tugas ini juga bukan hanya untuk KPU, melainkan seluruh stakeholder dan Kabupaten Bursel,” lanjut beliau

 

Menurutnya, bendera Kirab Pemilu yang baru diterima KPU Bursel nantinya akan cara estafet ke KPU Kabupaten Buru pada tanggal 27 Mei 2023.

 

“ Bendera Kirab Pemilu akan ada di Bursel selama 7 hari sesuai jadwal dan tanggal 27 Mei, bendera kirab Pemilu akan kita arak ke teman-teman KPU Buru dan akan dilanjutkan ke Ambon dan finis Jakarta,” ucap Mahulauw

 

Dikesempatan itu, ia juga berterima kasih kepada Komisioner KPU SBB yang telah setia mengantarkan Bendera Kirab Pemilu ke Kabupaten Bursel.

 

“ Terima Kasih kepada Ketua KPU SBB dan komisioner yang hadir yang sudah membawa amanah ini ke Kabupaten Bursel,” ujarnya dalam sambutannya.

 

Sementara itu, Sekretaris KPU Bursel, Abdurahman Nunlehu selaku ketua Panitia menjelaskan bahwa penerimaan Bendera Kirab dengan tema “ Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa “ memiliki tujuan yakni melakukan Sosialisasi hari dan tanggal pemungutan suara, melakukan sosialisasi lambang dan nomor urut partai politik peserta Pemilu tahun 2024.

 

Kemudian melakukan sosialisasi kemudahan pengecekan data pemilih yang diakses secara mandiri melalui sarana teknologi, mensosialisasikan pendidikan pemilih dalam pemilu tahun 2024.

 

Selanjutnya melakukan sosialisasi daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Bursel pada Pemilu serentak tahun 2024  dan mensukseskan kegiatan Kirab Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integrasi bangsa.

 

Sasaran Kirab Pemilu  di Kabupaten Bursel meliputi pemilih yang berbasis keluarga yaitu pemilih pemulah, pemilih pemuda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan, dan warga internet/ netizen,” jelasnya.

 

Penyambutan Bendera Kirab ini diikuti oleh Asisten II Setda Kabupaten Bursel, Asisten III Setda Kabupaten Bursel, Sekretaris  Kabupaten Bursel, Bawaslu Bursel, Pimpinan Partai Politik, Pemilih Pemulah, Pemilih Perempuan, ASN dan OKP/ormas yang ada di Kabupaten Bursel.

 

Hadir bersama membawakan Bendera Kirab Pemilu Ketua KPU SBB, Syarif Hehanussa hadir juga, Zefnat Laturumakina, Divisi Hukum & Pengawasan Abuani Kasilaya, Devisi Perencanaan & Data, Upang Djalal, Devisi SDM & Parmas dan Sekretaris KPU SBB, Agusthina H. Matapere serta Kasubag Teknis, Jeffry Lisapaly. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *