SABUROmedia, Ambon – Lembaga  Pembinaan Pengembangan Keluarga Sakinah (LPPKS) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPKS BKPRMI) Provinsi Maluku melaksanakan kegiatan  Sosialisasi HIV – AIDS dan Screening HIV, pada Rabu (31/8/22).

Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangkaian Milad Ke-45 BKPRMI sekaligus menyambut HUT Ke-447 Kota Ambon, dengan bekerjasama dengan Yayasan Pelangi Maluku, P3DI Maluku dan Klinik Komunitas Candela di Aula Kantor Desa Hunuth/ Durian Patah Kecamatan Teluk Ambon.

Acara ini sendiri dibuka oleh Ibu Mimi Wijayani, Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak, yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P3A) Provinsi Maluku.

 Beliau sendiri, mengapresiasi baik pelaksanaan kegiatan ini, dan mewakili Pemerintah Daerah Maluku mengucapkan terima kasih atas perannya BKPRMI hingga saat ini, serta berharap kedepan program – program edukasi yang mencerahkan pemahaman masyarakat bisa terus ditingkatkan, serta bisa bermitra dengan Pemerintah, khususnya di Dinas  DP3 Maluku juga kedepan, ucap beliau.

Direktur Wilayah LPPKS BKPRMI Maluku, Risnawati., S.Pd menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini diikuti hampir seratusan orang dari beberapa unsur warga masyarakat, tokoh Pemuda, Perempuan hingga Pemuda Remaja Masjid.

“ Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka mendeteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV didalam tubuhnya, dimana Screening ini perlu dilakukan secara rutin, baik seseorang yang beresiko maupun tidak agar infeksi HIV dapat terdeteksi sejak dini dan diambil tindakan pengobatan lebih awal, sehingga kita dapat melakukan pemetaan sekaligus melakukan pengobatan agar tidak terjadi penularan kepada orang lain “, ujar Risnawati, yang juga Ketua DPW Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI)  Maluku ini.

Hal ini ikut dibenarkan Ibu Rosa Pentury dari Yayasan Pelangi Maluku, dimana beliau mendukung kegiatan yang digagas ini, karena tidak semua orang mengetahui materi terkait HIV/AIDS, masih banyak masyarakat kita awam terkait hal ini, dengan langkah yang dilakukan LPPKS BKPRMI Maluku hari ini tentu sangat membantu Pemerintah, dan masyarakat dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dalam penyebaran informasi HIV/AIDS ini, jelas beliau.

Sedangkan Bendahara Umum DPW BKPRMI Maluku, Karni Wally., S.Hi yang hadir mewakili Ketua Umum DPW BKPRMI Maluku, Ahmad Ilham Sipahutar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai program BKPRMI hingga saat ini, dan sudah 45 Tahun BKPRMI mengabdi untuk ummat dan bangsa hingga saat ini, ujarnya.

“ Kita siap sinergi dan kolaborasi Program dengan semua pihak, dan banyak lembaga – lembaga semi – otonom BKPRMI lainnya seperti LPPEKOP, LPPDSDM, LPPTKA, LPPKM dan Brigade Masjid BKPRMI dengan jaringan di 11 Kab/ Kota Se-Maluku akan menghadirkan program – program untuk terlibat aktif dalam mendukung kerja – kerja Pemerintah, “ tutup Aktifis KOHATI HMI Cabang Ambon ini. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *