SABUROmedia, SANANA- Dana Desa (DD) Desa Malbufa, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) tahun anggaran 2020 kemarin telah realisasikan dengan baik sebagaimana yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) desa Malbufa.

Hal ini diungkapkan Pj. Kepala Desa Malbufa, Hamis Umakamea saat di temui oleh media ini di kediamannya, Selasa (13/04/2021).

“Alhamdulillah pembangunan dan pemberdayaan desa di Desa Malbufa sudah terlaksana dengan baik, walaupun di tengah pandemi Covid-19 kita tetap melaksanakan kegiatan sesuai yang dianggarkan,” kata Hamis.

Ia menuturkan, untuk tahun 2020 kemarin itu Desa Malbufa hanya membangun talud penahan abrasi kurang lebih 50 meter, di karenakan anggaran dana desa sebagian besar di gunakan untuk pencegahan Covid-19 dan bantuan langsung tunai BLT kepada masyarakat.

“Karena Covid-19 makanya kita hanya bisa menganggarkan pembangunan satu item saja karena dananya terbatas,” tukasnya.

Selain itu, Hamis bilang, selain dari bangun talud abrasi, pihaknya juga belanja jaringan internet (Wife) dengan anggaran Rp. 5 juta. Namaun kata ia, jaringan wife tersebut belum terpasang lantaran jaringan Telkomsel di Desa Malbufa tidak ada.

“Kami sudah pikirkan solusinya agar alat berupa jaringan wife yang kita belikan itu bisa dapat di fungsikan. Kita berencana bikin tiang panjang keatas dengan ketinggian tiang sekitar 5 sampai 10 meter agar bisa terhubung dengan jaringan Telkomsel supaya wife bisa digunakan,” jelasnya.

Hamis berharap, untuk anggaran 2021 pembangunan di Desa Malbufa, dirinya akan lanjutkan dan akan tingkatkan lagi yang sebelumnya belum disentuh, terangnya. (di)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *