SABUROmedia, Palembang – Latihan Mujahid Dakwah (LMD) Virtual 1 DPW BKPRMI Provinsi Sumatera Selatan resmi ditutup hari ini, Selasa Siang (13/10/2020) oleh Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) DPP BKPRMI, Bapak Dr. Ir. H. Mustopa Marli Batubara., MP, yang mewakili Ketua Umum DPP BKPRMI. 

BKPRMI bertujuan memberdayakan dan mengembangkan potensi Pemuda Remaja Masjid agar bertaqwa kepada Allah SWT, memiliki wawasan keislaman dan keindonesiaan yang utuh dan kokoh, serta senantiasa memakmurkan Masjid sebagai pusat ibadah, perjuangan dan kebudayaan dengan tetap berpegang teguh kepada prinsip aqidah, ukhuwah dan dakwah Islamiyah untuk mewujudkan masyarakat marhamah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

” Ikhwan, Akhwat semua, LMD I kali ini semoga dapat memotivasi kita semua untuk berprestasi dan terus semangat mengikuti kaderisasi BKPRMI sampai ke jenjang LMD II maupun LMD III nantinya. Saya berharap juga kedepan para Peserta yang dari Maluku maupun Sumatera Barat bisa berkunjung ke Palembang, untuk menikmati Empek – Empek maupun Wisata di Kota Palembang, dan begitu juga Peserta yang dari Sumatera Selatan bisa berkunjung ke Maluku dan Sumatera Barat sebagai bagian membangun silaturahmi, komentar Ketua MPP DPP BKPRMI ini “.

Menurutnya, semua Peserta yang ikut LMD 1 ini pasti lulus semua, namun kelulusannya akan

dibedakan atas 3 kategori, yaitu lulus dengan penuh semangat dan istiqomah untuk tetap ber-BKPRMI, lulus bersertifikat yang akan menjadi tutorial didaerahnya masing-masing kedepan, serta lulus sebagai modal bagi kepemimpinan BKPRMI dengan citra kader BKPRMI tentunya, jelas beliau.

Beliau juga berharap, sebagai Pengurus dan kader BKPRMI, beliau yakin ke-4 nilai citra kader BKPRMI, yaitu Muwahhid (Pemersatu), Mujahid (Pejuang), Musyaddid (Pelurus), Muaddib (Pendidik) telah dilaksanakan semua, namun yang ke-5 Mujaddid (Pembaharu) yang akan menjadi tanggung jawab kita semua, khususnya para Peserta LMD 1 kali ini, ujarnya.

Ditengah penyakit generasi muda saat ini, khususnya kaum millenialls yaitu miras, narkoba dan free sex, ini menjadi tugas dan tanggungjawab Kader BKPRMI dimanapun berada, BKPRMI harus berani tampil sebagai pemelihara iman, menjaga, memelihara & memakmurkan Mesjid, ini menjadi tugas sebagai benteng ummat saat ini, tutup Batubara dalam sambutannya.

Sedangkan Direktur Nasional Lembaga Pembinaan, Pengembangan Dakwah & Sumber Daya Manusia (LPPDSDM) DPP BKPRMI, Nanang Mubarok dalam sambutannya, memberikan apresiasi terhadap kepanitiaan LMD 1 dibawah pimpinan Ketua Panitia, Nanang Suroso, dimana dengan berbagai keterbatasan yang ada, LMD 1 ini bisa berjalan dengan sukses. Usaha dan motivasi Peserta untuk mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, khususnya dalam berjuang mencari signal internet maupun matinya listrik, luar biasa semangat dan usaha masing – masing, hal ini menjadi spirite tersendiri bagi kami di LPPDSDM kedepan, dalam ikhtiar untuk terus memperbaiki database keanggotaan dan system kaderisasi di BKPRMI nantinya, ujarnya.

” LPPDSDM kali ini telah mengambil langkah terobosan dalam Sistem Kaderisasi BKPRMI dan Pembinaan Pemuda Remaja Masjid dengan meluncurkan Grand Desain Kaderisasi BKPRMI 2019 Sistem Ta’dibiyah, yang secara umum mencakup : (1) Kaderisasi internal kader dakwah BKPRMI yang terdiri dari dua program utama; Pertama, Kaderisasi Reguler yaitu Pembinaan Kader Reguler dengan Sistem Ta’dibiyah; Kedua, Kaderisasi Konvensional yang disebut dengan Latihan Mujahid Dakwah (LMD). (2) Pembinaan eksternal dengan meluncurkan Sentra Generasi Qur’ani (SGQ) untuk pembinaan pemuda remaja masjid dilingkungan masyarakat, sekolah dan kampus, ada tiga program utama, yaitu : Pertama, Pengantar Studi Islam (PSI) atau Islamic Study Club (ISC), Kedua, Group Studi Islam (GSI), dan Ketiga, Group Studi Mandiri (GSM), jelas Ust Nanang Mubarok, yang juga pernah di Hipmi PT BPP Hipmi ini.

Sementara itu, Novi Iryansyah, Sekum DPW BKPRMI Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Panitia, Pengurus BKPRMI Sumsel, LPPDSDM DPP BKPRMI maupun Peserta, semoga dengan dilaksanakannya LMD 1 ini kita semua lebih paham organisasi maupun kaderisasi yang ada di BKPRMI nantinya, ujarnya.

DPW BKPRMI Sumsel pasca LMD 1 ini juga akan melaksanakan Road Show ke DPD – DPD BKPRMI Kab/ Kota Se-Sumsel, dalam usaha rekrutmen dan kaderisasi BKPRMI yang lebih massif lagi kedepannya, harap Iryansyah dalam sambutannya.

Salah satu Peserta LMD 1 dari BKPRMI Maluku, Febry Wally, mengucapkan terima kasih atas berbagai ilmu yang telah didapatkan, luar biasa, semoga kaderisasi BKPRMI untuk para remaja Mesjid Maluku kedepan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan arahan Grand Desain Kaderisasi LPPDSDM. Adapun beberapa materi yang kita ikuti, seperti Sejarah, Khittah, Visi Misi BKPRMI, AD/ ART ; Citra Diri dan Lembaga Otonom ; Grand Desain Kaderisasi ; Fiqh Dakwah ; Syumuliyatul Islam ; Manajemen Keorganisasian & Leadership ; Problematika Pemuda & Remaja Mesjid, tutup Penyuluh Agama Kankemenag Kota Ambon ini.

Organisasi BKPRMI sendiri mempunyai cita – cita untuk (1) Memfungsikan Mesjid sebagai pusat ibadah, perjuangan dan kebudayaan ummat demi kejayaan Islam dan Muslimin (izzul Islam wal Muslimin) dalam negara Indonesia (2) Menjadi wahana komunikasi dan organisasi harapan ummat sebagai tempat lahirnya pemimpin Islam yang berakhlak mulia (akhlakul karimah) (3) Mewujudkan persatuan dan kesatuan Ummat dalam semangat ukhuwah Islamiyah demi tercapainya ummat yang satu (ummatan wahidah) (4) Mewujudkan masyarakat Marhamah yang berpegang teguh pada nilai-nilai Islam. (SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *