Connect with us

The Moluccas

Gelar Rakor Bersama, KPU Kesal Ketidakhadiran DisKominfo Dan DisHub Bursel

SABUROmedia, Namrole – Menyongsong perhelatan pesta demokrasi di pilkada serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Buru Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Stackholders di Aula Kantor KPU Bursel. Rabu, 5/8/2020.

 

Sambutan atau arahan Ketua KPU

dalam pelaksanaan rapat koordinasi bersama tersebut bahwa, pertemuan hari ini sangat penting untuk dibahas dan di diskusikan secara bersama-sama terkait persiapan sarana pendukung yakni Telekomunikasi dan Transportasi, serta dengan mempertimbangkan ketersediaan infrastuktur dan pelayanan lainnya di wilayah Kab. Buru Selatan secara menyeluruh. Sehingga pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kab. Buru Selatan pada tanggal 9 Desember Tahun 2020 mendatang akan berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Rakor bersama yang dilaksanakan hari ini sangat penting dihadiri oleh lembaga pemerintah terkait yakni DisKominfo, Dishub, dan Ketua Komisi I serta Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bursel, karena pertemuan hari ini akan menjadi dasar rujukan untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pilkada Bupati dan Wakil Bupati kabupaten buru Selatan di tanggal 9 Desember Tahun 2020 kedepan ini.”harap Mahulauw.

 

Kemudian sampai dengan jalannya rakor bersama tersebut ke-empat instansi terkait yakni Diskominfo, Dishub, Ketua Komisi I dan Ketua Komisi II DPRD Kab. Bursel tidak menghadiri undangan yang sudah disampaikan oleh KPU Bursel, “kesal Mahulauw.

Lanjut,”Mahulauw bahwa, dengan ketidak hadiran ke-empat instansi terkait dalam rakor tersebut kami Pihak Penyelenggara (KPU) sangat merasa kesal, padahal kehadira dari ke-empat instansi terkait, kami sangat berharap dan sangatlah penting karena dengan ini bisa memberikan gambaran terkait dengan berbagai ketersediaan infrastuktur teknologi informasi mengenai jangkauan sebarannya aksesibilitas dan penggunaan alat transportasi pada 6 Kecamatan dan 79 Desa serta 201 TPS di wilayah Kabupaten Bursel.

Rasa kesal itu disampaikan langsung oleh ketua KPU Kab. Bursel sayarif Mahulauw disaat penyampaian sambutan/arahan pada pembukaan rakor bersama tersebut.

Harap,” Mahulaw bahwa, Ketua Komisi I dan II DPRD Kabupaten Bursel yang turut diundang pun diharapkan kehadirannya, karena mengingat kewenangam yang dimiliki di kedua Komisi itu.

Untuk mengkesuksesan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bursel, ini merupakan tanggung jawab bersama oleh semua pihak dan bukan hanya KPU, karena KPU hanya sebagai fasilitator dalam memperlancar pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pilkada bupati dan wakil bupati kab. Bursel pada pilkada serentak tahun 2020 ini.”papar Mahulauw

Di dalam pelaksanaan rapat koordinasi bersama tersebut, di hadiri, Husen Pune Anggota Bawaslu Kab. Buru Selatan, Kapolres Pulau Buru, Perwira Penghubung Kodim Persiapan Namrole, Kepala Badan Kesbang Kab. Buru Selatan, Kepala PLN ULP Namrole, da Komisioner Anggota KPU Bursel, Sekretaris KPU Bursel Drs. Sulaiman Loilatu serta Wartawan Media Cetak dan Wartawan Media Online.

 

Di kesempatan itu Ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw mengucapkan terima kasih atas kehadiran pihak PLN ULP Namrole dalam Rakor bersama tersebut.

Selanjutnya dikesmpatan itu pula “Mahulauw meminta kepada Kepala PLN agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal sebagai bentuk dukungan dalam mengsukseskan Tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang saat ini tahapannya sedang berjalan.

Mahulauw berharap agar ada Genset yang disediakan oleh pihak PLN di Kantor KPU Bursel guna mengantisipasi berbagai pemadaman yang bisa saja terjadi  atau mengganggu jalannya pentahapan-pentahapan nantinya.

Pada kesempatan diruang rapat koordinasi bersama tersebut kepala cabang PLN Namrole yang di wakili salah satu anggota PLN namrole Ahmad F. Basyarewar menyampaikan bahwa, Kesiapan yang disiapakan dari Kami pihak PLN dalam kesiapan untuk menghadapi tahapan penyelenggaraan pilkada ini yakni kami dari pihak PLN menyediakan satu buah mesin dari pihak ketiga dan mesinnya sudah dalam perjalanan, mungkin dalam bulan ini kami siapkan dan bulan september ini masalah kelistrikan bisa berjalan normal kembali.

Lanjut”Basyarewar, bahwa kesiapan untuk membantu pihak KPU kami dari pihak PLN akan menyediakan mesin genset tetap berjalan seperti biasa sebagaimana di tahun lalu.

Jawab,”Basyarewar bahwa terkait tenaga kelistrikan di masing-masing kecamatan kami akan selalu berkoordinasikan dengan teman-teman PLN di tingkat kecamatan masing-masing untuk tetap siap dalam menyediakan kelistrikan guna kelancaran tahapan penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020, khususnya Pilkada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kab. Bursel mendatang ini.

Pada kesempatan yang sama Husein Pune mewakili Bawaslu Kabupaten Bursel menyampaikan hal serupa bahwa, kalau bisa ada juga Genset di Bawaslu, karena selalu terjadi pemadaman dan bisa menghambat tugas-tugas kami.

Di Kesempatan forum tanya jawab itu Basyarewar menanggapi bahwa, Kepala PLN berjanji akan membantu penyediaan Genset di Kantor KPU Bursel setelah pihaknya menerima surat permohonan dari KPU. Dan untuk kantor Bawaslu jawab, Basyarewar, insya Allah dikesempatan 1 s/d 2 hari ini kami dari pihak PLN akan memindahkan dan di pasangankan pada jaringan khusus.”jawab tutupnya. (AL/SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari The Moluccas