Connect with us

Hukum & Kriminal

Bacarita Kamtibmas Bersama Polda Maluku Soal Peran Pemuda Dalam Memerangi Berita Hoax

SABUROmedia, Ambon – Dalam menyikapi berita hoax yang beredar di Publik, Polda Maluku menggelar kegiatan dudu bacarita kambtimas di Aula Command Center Polda Maluku, Kamis (30/07/2020).

Kegiatan dengan tema Peran Pemuda Dalam Memerangi Berita Hoax ini menghadirkan narasumber Ketua KNPI Kota Ambon, Ilham Sipahutar ST. M.Si, Perwakilan Kominfo Maluku, perwakilan direktorat kriminal Reserse Polda Maluku, AKP Helda Siwabessy, SH.MH PS Kanit Dua subdit Lima  direktrorat reserse kriminal Polda Maluku, dan Binmas Polda Maluku, Andy.

Kegiatan ini di buka langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol DRS. Baharudin Djafar,  M.Si yang dihadiri  dari unsur Pemuda dari pengurus KNPI Kota Ambon, OKP,  ketua HMI cabang Ambon,  Perwakilan PMKRI,  dan unsur perwakilan organisasi  Masyarakat Lainya.

AKP helda siwabessy menyampaikan bahwa tugas pokok kami itu adalah penegakan hukum terhadap pelaku penyebaran Hoax itu sendiri, dalam menegakkan undang Undang informasi dan transaksi elektronik, dan harapan kami , bagi masyarakat dan pemuda dan semua kalangan umur untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Maluku dengan tidak menyebar terkait informasi yang belum di ketahui kebenaranya, “ pesan Helda.

Helda juga menyampaikan bahwa lebih bijak dalam mengunakan media sosial supaya terhindar dari undang undang informasi dan transaksi elektronik, Langkah- langkah pencegahan seperti sosialisa penyeluhan kepada komunita masyarakat,  dan selain itu juga kami memiliki yunit patroli siber yang melakukan patroli pencegahan terhadap konten konten negatif di dunia maya.

Kominfo Maluku dalam kegiatan dimaksud, menyampaikan terimakasi kepada pemuda,  akademisi,  dan organisasi Masyarakat lainya pemerintah dan kepolisian, sudah sama sama memberikan pikiran pikiran dan itu sangat di berikan apresiasi,  dan kedepan bisa bekerjasama dengan lebih bersinergi.

Ketua KNPI Kota Ambon menyampaikan hal yang penting adalah keterlibatan pemuda, melibatkan pemuda  dalam merespon Kebijakan pemerintah terhadap penanganan-penaganan penyebaran informasi Hoax.

“ Bagi kami KNPI adalah bagaimana setiap akun yang ada di Facebook untuk menggunakan nama akun yang sebenarnya,  jika nama akun no name pasti peluang untuk menyebar Informasi Hoax pasti besar,”tandas Ilham.

KNPI juga minta agar lebih tingkatkan mutu olah raga seperti sepak bola supaya ada kegiatan kegiatan positif yang dilakukan dengan demikian kita akan tidak terlalu terfokus dengan hal-hal negative.

Ketersediaan Lapangan Bola di setiap lingkugan itu juga penting, karna sekarang ini main bola harus bayar, ini yang mejadi persoalan, kami KNPI setiap tahunnya melakukan kegiatan Herman Piter cap untuk bisa membawa pemudah ke kegiatan kegiatan positif,  karna dengan berolah raga pasti pikiran kita juga akan sehat, sebab dalam Tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

“ Dan kami KNPI bersama OKP akan Membentuk Satu organisasi Pemuda anti informasi Hoax, agar dapat membantu pemerintah dalam menyikapi permasalahan yang ada terkait brita brita yang sering di kenal dengan sebutan Hoax tersebut tutup Ketua KNPI,”tutup Ilham. (Erol)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Hukum & Kriminal