Connect with us

Politik & Pemerintahan

HUT Ke-XII Bursel Usung Semangat Pembangunan

SABUROmedia, Namrole – Mengawali Sambutan Bupati Buru Selatan Dr. Hi, Tagop Soulissa,SH.MT, bahwa dengan kebersamaannya, maka Daerah Kabupaten Bursel, tetap berdiri tegar, berbenah diri dan berkarya hingga hari ini, walaupun ditengah – tengah merebaknya  pendemic Covid-19 yang berdampak di seluruh Indonesia dan khususnya Bursel ” Bumi Fuka Bipolo”. yang kita Cintai bersama sama ini, namun kita masih bisa merayakan hari Ulang Tahun Ke XII Lahirnya Kab Bursel dengan sederhana dan tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Pada momentum historis ini, Bupati Kab. Bursel, Dr.Hi, Tagop S. Soulissa, SH.MT, mengajak seluruh masyarakat Kab Bursel untuk selalu memanjakan puja dan puji syukur, kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Sang pemberi kehidupan dan kemakmuran,

Sorotan Tema pada upacara Memperingati HUT Kabupaten Buru Selatan yang Ke XII Tahun 2020 ini dengan Tema Mari Bersama Kita Tingkatkan Pembangunan di Buru Selatan yang Lebih baik dan Lebih Maju.Dengan kata “Semboyan”, LOLIK LALEN FEDAK FENA, Satukan Hati Membangun Negeri.

Upacara Memperingati HUT Kab Bursel yang ke XII di laksanakan di Depan Kantor Bupati Bursel  pada Selasa, 21/7/2020.

Dipelaksaannya upacara memperingati HUT Ke-XII Kab Bursel iini juga dihadiri oleh Sekda Bursel Iskandar Walla SE.MSi. Ketua DPRD Kab Bursel Muhajir Bahta. Wakil Ketua II DPRD Kab Bursel, La Hamidi,

Wakil Bupati Kab Buru Amus Besan

Ketua DPRD Kab  Buru. Moh, Rum Soplestuny. Dandim 1506 Namlea Sarifudin Asia,S.Ag, Wakapolres Namlea, Kombespol Bakrie Hehanusa. Asisten I Setda Bursel Alfario Soumokil

Kapolsek Namrole AKBP Yamin Selayar, dan seluruh pimpinan OPD Lingkup Pemda Bursel,

Soulissa telah menyampaikan Tentunya di hari ini,  Goresan Tinta Emas Kenangan Perjuangan Demi Perjuangan untuk memerdekakan Daerah ini agar menata roda pemerintahan di Negeri ini, patut kita ingat dan kita Doakan, semoga semua yang telah terjadi dan semua yang telah di kerjakan di ridhohi oleh Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa.

Untuk itu kata ‘Soulissa, dengan Hormat kami menyampaikan Terima kasih kepada pendahulu dan pendiri Kab, Bursel LPBS (Lembaga Pemekaran Buru Selatan) yang telah berpulang mendahului kita yakni, Bpk Jhon Lesnussa, Ayub Buce Seleky, Ismail Solissa, dr. Salim Alkatiri dan Hakim Fatsey, atas jasa dan pengabdian terbaikmu untuk daerah Kab, Bursel Bumi Hunian kita saat ini.

Agar kita semua tetap berkomitmen untuk merawat dan melestarikan nilai-nilai budaya adat di pulau Buru pada umumnya dan secara khusus di Buru Selatan, maka kita terus menggunakan efutin sebagai Mahkota orang Buru, dan kita mesti menjunjung tinggi adat istiadatnya, pesan Soulissa.

Selanjutnya Bupati’ mengajak mari kita berikan apresiasi kepada ritme pembangunan yang terus bergerak maju ke depan, sehingga negeri ini akan terus berkembang dengan hirup piuk dinamika yang dihiasi suka duka dan akhirnya membuahkan hasil yang baik bagi kita semua yang saat ini mendiami Fuka Bipolo dan menikmati berkah daerah Buru Selatan.

Soulissa’, perjalanan pembangunan di buru selatan berdasarkan pada dokumen RPJMD Kab, Buru Selatan Tahun 2016-2021 lebih di fokuskan pada : Pembangunan Sarana dan Prasarana, Penguatan SDM Aparatur, Penguatan SDM Tenaga Pebdidik dan Kependidikan, Pemberian Beasiswa Untuk Berprestasi, dan Pembangunan Sekolah Kejuruan Berbasis Kebutuhan Lokal.

Berkaitan dengan hal tersebt’ kata’ Soulisaa (Bupati) bahwa pemerintah daerah telah menetapkan berbagai  ruang SMP/MTS sebanyak 140 ruang dan ditunjang dengan jumlah Guru pada Tahun 2019 sebanyak 1.196 orang yang terdiri atas Guru SD/MI sebanyak 596 orang, Guru SMP/MTS sebanyak 600 orang. Kemudian pada hasil capaian kenirja Kesehatan diantaranya : Angka capaian IPM bidananh Kesehatan yakni, angka harapan hidup pada tahun 2019 sebedar 712 orang, Cakupan Jaminan Kesehatan penduduk pada tahun 2019 melalui program jamkesda sebanyak 21.327 orang, dan jumlah posyandu aktif sebanyak 119 posyandu.

Selanjutnya penyampaian Tagop dalam sambutanya bahwa pernasalahan pembangunan yabg kita hadapi begitu kompleks dan dinamis.

Kita semua memahami bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi juga membutuhkan dukungan infrastuktur wilayah yang baik sehingga Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana infrastruktur sesuai dengan kewenangan dan kemampuan anggaran daerah, ucap tagop.

Tagop “Bupati Kab, Bursel dua Periode ini”, diakhir sambutannya, Mari kita Mewujudkan Kabupaten Buru Selatan yang Mandiri, Maju, Adil, Makmur, Sejahterah, dan atas nama Pribadi, Keluarga, Pemerintah Daerah, Saya Mengucapka Dirgahayu Ke-XII Kabupaten Buru Selatan Lolik Lalen Fedak Fena ” Satukan Hati Membangun Negeri”. (AL/SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Politik & Pemerintahan