Connect with us

Opini & Tokoh Kita

Preventif, Promotif dan Kuratif tetap menjadi Fokus Penanganan Covid-19 di Kota Tual & Malra

SABUROmedia, Tual – Preventif, Promotif dan Kuratif tetap menjadi Fokus Penanganan Covid-19 di Kota Tual dan Maluku Tenggara untuk menghindari Kepanikan dan Kekuatiran Masyarakat Akan Bahaya Covid-19.

1. Upaya Kesehatan, sesegra mungkin dilakukan melalui:

– Upaya Preventif dan Promotif yaitu Promosi Kesehatan Cegah Covid-19 terus dilakukan melalui Sosial Media dan Media Masa, Edukasi Cegah Covid-19 kepada Masyarakat (RT/RW, Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kantor2 Pemerintah maupun swasta) terus dilakukan dengan melibatkan semua unsur.

– Keterbukaan informasi Publik terkait Status Covid-19 hanya bersumber dari pihak yg berwenang yaitu Tim Gugus Tugas agar tidak menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat serta menghindari opini publik yang berlebihan.

– Penyembuhan (Kuratif) yaitu Pemerintah daerah harus memastikan Rumah Sakit untuk pasien Covid-19 sudah sesuai PROTAP, Tenaga medis (Dokter, Perawat, Bidan) yang menangani pasien sudah dilengkapi dengan peralatan kesehatan sesuai SOP Protokol Kesehatan Covid-19 serta Fasilitas RS jika dianggap belum lengkap segera dilengkapi dengan memaksimalkan fungsi koordinasi lintas sektor.  

2. Pendanaan:

– Pemerintah Daerah segera melakukan kebijakan penghematan anggaran agar sebagian Anggaran Daerah yang belum terserap peruntukannya digunakan kembali untuk Penanganan Covid-19, Penanganan Dampak Ekonomi dan juga untuk penyedia jaring pengaman sosial.

– Pemerintah Daerah segera mengajukan usulan Dana Hibah untuk Penanganan Covid-19 melalui Kementerian/Lembaga selaku Executing Agency untuk diajukan ke Kementerian Keuangan sesuai PMK 46/PMK.07/2020 tentang pengelolaan Hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan dampak akibat pandemi Covid-19 agar Daerah terbantu juga secara pendanaan jika Pemda merasa kemampuan keuangan APBD belum cukup untuk penanganan Covid-19 di Kota Tual dan Malra.

3. Bentuk Penanganan, harus dilakukan melalui:

– Upaya Preventif dan Promotif yaitu Pemerintah daerah Segera melakukan tindakan Surveilans secara aktif terkait status Kesehatan, Kondisi Sosial Ekonomi, serta upaya Kesehatan masyarakat baik terhadap lingkungan, Kesehatan ibu dan Anak, Gizi dan Psikologi.

– Upaya Kuratif yaitu Penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk kebutuhan tenaga medis, Masker, serta Pelaksanaan Rapid Test terus dilakukan dengan menambah jumlah sampel untuk setiap hari guna memastikan potensi reaktif seseorang terhadap virus corona.

Bahkan utk kepentingan Mitigasi,  Pemerintah Daerah mengajukan permintaan peralatan Swab Test ke Kemenkes atau Institusi terkait untuk membantu Daerah dalam penanganan Covid-19.

Dan yang pastinya Penanganan Covid-19 di Kota Tual dan Maluku Tenggara tetap dilakukan secara Kolaboratif antara Pemkot Tual dan Pemkab Malra serta semua Stakeholder agar Kedua daerah ini tetap terhindar dari Bahaya Covid-19.(SM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya dari Opini & Tokoh Kita