SABUROmedia, Ambon — Penjabat Gubernur Maluku Sadali IE., M,Si Resmi Melantik Pj. Walikota Ambon, Pj. SBB dan Pj. Buru.

 

Disampaikan Sadali Di Gedung Islamic Center Ambon, Jumat (24/05/2024).

 

Dalam Sambutannya Sadlie Katakan Pelantikan hari ini adalah agenda tahun ke– 3  dari kebijakan penunjukan Penjabat Gubernur, Bupati dan Walikota menjelang perhelatan Pilkada serentak 27 November 2024, sebagaimana diatur dalam Pasal 201 ayat (9) dan (11) Undang – Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

 

” Perlu diingatkan bahwa kewenangan untuk menunjuk Penjabat Gubernur, Bupati dan Walikota sepenuhnya berada di tangan Pemerintah Pusat, yakni Penjabat Gubernur dengan keputusan Presiden, sedangkan Penjabat Bupati/ Walikota dengan keputusan Mendagri, Tutur Sadali

 

Karena itu, untuk mengawali pelaksanaan tugas – tugas ketiga saudara Pj. Bupati dan Walikota, Saya selaku Wakil Pemerintah Pusat di daerah ingin menyampaikan beberapa hal penting sebagai berikut :

 

Pertama, tugas prioritas saudara sebagaimana disebutkan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri, adalah memfasilitasi dan mensukseskan agenda nasional Pilkada serentak 27 november 2024, antara lain dengan memastikan ketersediaan alokasi dana sesuai NPHD yang disepakati, serta menjaga netralitas aparatur sipil negara di lingkup Pemda masing-masing.

 

Oleh sebab itu, saya perintahkan saudara untuk melaksanakan seluruh penugasan ini dengan sungguh-sungguh, berkomitmen, transparan dan akuntabel, karena sebagai penjabat, saudara-saudara wajib melaporkan kinerja pelaksanaan tugas setiap 3 (tiga) bulan, baik kepada Menteri Dalam Negeri maupun kepada Gubernur Maluku. Ujar Sadali

 

Kedua, segera lakukan konsolidasi internal terhadap jajaran birokrasi. Saya perintahkan lakukan koordinasi dengan Forkopimda, DPRD, instansi vertikal, TNI/Polri, tokoh agama dan elemen Masyarakat lainnya. Dan khusus kepada Aparatur Sipil Negara pada 3 (tiga) Kabupaten/ Kota, Saya perintahkan untuk mendukung penuh kepemimpinan yang baru ini.

 

Ketiga, Saya ingin memastikan arahan-arahan Bapak Presiden maupun Bapak Menteri Dalam Negeri tentang pengendalian inflasi, penurunan stunting, menurunkan angka kemiskinan esktrim, memudahkan investasi, belanja APBD bagi produk dalam negeri, serta menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pilkada serentak tahun 2024, harus mendapat prioritas kerja saudara di daerah.

 

Karena itu, segera lakukan konsolidasi dan benahi mindset birokrasi guna menghindari segregasi dan pengkotak – kotakan. Negara ini memiliki regulasi yang jelas dan tegas tentang manajemen ASN, maka rangkul dan satukan mereka kembali sebagai jajaran birokrasi yang taat, patuh dan loyal pada aturan maupun etika birokrasi.

 

Menjaga netralitas ASN adalah sebuah keniscayaan yang harus dipegang teguh oleh seluruh Pegawai, bukan hanya di Kabupaten SBB, Kabupaten Buru maupun Kota Ambon, tetapi juga di lingkup Pemda Provinsi Maluku, dan semua Kabupaten / Kota se – Maluku.

 

Keempat, kita telah berada pada tahapan – tahapan Pilkada yang sementara dikerjakan oleh KPU dan Bawaslu.

 

Saya mintakan kepada semua Pemerintah Kabupaten dan Kota Se-Maluku, agar segera merealisasikan dana hibah Pilkada kepada para pihak sesuai NPHD yang telah disepakati.

 

Begitu pula aspek keamanan dan ketertiban Masyarakat menjadi pra-syarat penting yang tidak boleh diabaikan.

 

Karena itu, Saya mintakan semua pihak harus fokus menjaga keamanan dan ketertiban umum, membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang sinergis antara Pemerintah Daerah, aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat, Ujar Sadali

 

Sebelum mengakhiri sambutan ini, Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada saudara Brigjen TNI Andi Chandra As’aduddin., SE., MH., Dr. Djalaluddin Salampessy., S.Pi., M.Si, dan Drs. Bodewin M.Wattimena, M.Si yang telah mengakhiri masa jabatannya.

 

Akhirnya, selamat bekerja kepada Saudara Syarif Hidayat., SE, M.Si., Saudara Dr. Achmad Jais Ely., ST., M.Si dan Saudara Dominggus Nicodemus Kaya., S.Sos, M.Si beserta istri dan keluarga, atas amanah yang diterima.

 

Laksanakanlah tanggung jawab mulia ini dengan baik, dan penuh kesungguhan hati untuk melayani Masyarakat, Tutup Sadlie (SM-MSA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *