SABUROmedia, Ambon — Pj. Gubernur Maluku didampingi isteri Ny. Nita Sadali menghadiri Halal bi Halal Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Provinsi Maluku di Gedung BPMP, pada Kamis (23/05/2024).

 

Turut hadir pada acara tersebut Plh. Sekda Maluku, Suryadi Sabirin, Ketua dan Pengurus KKST Provinsi Maluku.

 

Pj. Gubernur Maluku, Sadali Ie dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Halal bi Halal dalam masyarakat Islam di Indonesia punya posisi dan peran yang sangat strategis, bukan hanya sebagai media silaturrahim antar sesama muslim, tetapi juga menjadi media silaturrahim antar sesama anak bangsa yang berbeda golongan, ideologi, suku maupun agama.

 

“ Olehnya itu, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa kebersamaan antara sesama keluarga Sulawesi Tenggara di Maluku, khususnya di Kota Ambon,” katanya.

 

Menurut Pj. Gubernur, dengan silaturrahmi dan persaudaraan maka hubungan dan pergaulan semakin luas dan dapat bertukar informasi untuk membuka pemikiran – pemikiran baru yang dapat menciptakan hubungan kerja dan sebagainya, yang semua itu dapat mendatangkan rizki dan keberkahan yang luas.

 

Dalam spirit itu, lanjutnya, maka berdasarkan Falsafah Bolimo Karo Somanamo Lipu, atau korbankan diri untuk kepentingan negeri yang dianut masyarakat Maluku asal Sulawesi Tenggara ini, hendaknya dapat ditransformasi dan diintegrasikan dalam spirit “ Potong di kuku rasa di daging, ale rasa beta rasa dan sagu salempeng dibagi dua,”.

 

Karena sejatinya, keluarga besar KKST yang ada di daerah ini, telah terintegrasi menjadi masyarakat Maluku dalam pertalian sejati hidop orang basudara.

 

“ Untuk itu, saya berharap kepada masyarakat Maluku asal Sulawesi Tenggara, jangan pernah putus silaturrahim atau tali gandong dan Nabi Muhammmad SAW “, juga bersabda: “ Tidaklah beriman seseorang di antara kamu, sebelum dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri, “ lanjutnya.

 

Pj. Gubernur lalu mengajak keluarga besar masyarakat Maluku asal Sulawei Tenggara, untuk meningkatkan kualitas kerukunan dan kedamaian sesama KKST maupun dengan masyarakat Maluku lainnya.

 

“ Saya minta kepada seluruh warga KKST Provinsi Maluku agar membantu Pemerintah daerah mensukseskan pelaksanaan pilkada secara serentak tahun 2024 ini,” pintanya.

 

Ditempat yang sama, Pembina Wilayah KKST Provinsi Maluku, Husein menerangkan, secara kelembagaan KKST adalah mitra strategis Pemerintah daerah dalam menjalankan misi sosial kemasyarakatan. Hal ini ditandai dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan Pengurus KKST wilayah Maluku dan Kota Ambon yang terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah, diantaranya program KKST Menyapa.

 

“ Hal inilah yang mendorong kami, untuk terus melakukan konsolidasi organisasi di 11 Kabupaten Kota untuk menyamakan persepsi dan menyatukan gerak langkah, dalam rangka membangun masyarakat dan Maluku,” terangnya. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *