SABUROmedia, SBB — Untuk persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Ajaran 2023/2024, SMP Negeri 1 Seram Barat telah mempersiapkan para muridnya sejak dini, yakni melalui bimbingan belajar yang sudah berlangsung sejak bulan Januari 2024.

 

Kepala Sekolah SMPN 1 Seram Barat, Roy Lethulur., S.Pd saat ditemui disekolahnya, Rabu, (24/04/2024) menyatakan, sejak masuk liburan Natal dan Tahun Baru 2024, sekolahnya telah melakukan bimbingan belajar untuk 10 mata pelajaran, dimana  untuk kegiatan tersebut sekolah yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Dusun Tanopol itu, telah mempersiapkan 12 tenaga guru.

 

Lethulur menandaskan,  Ujian Sekolah yang dilaksanakan standarnya sama dengan Ujian  Nasional, pasalnya soal – soal  dalam Ujian Sekolah, dipersiapkan oleh Tim di Kecamatan bukan  sekolah yang mempersiapkannya, walaupun  tim dari Kecamatan itu juga direkrut  dari masing – masing sekolah.

 

Kepala sekolah  yang mulai menjabat sejak Februari 2022 ini  mengungkapkan, kegiatan bimbingan belajar yang sudah berlangsung rutin setiap tahunnya itu, berlangsung selama 3 bulan yakni bulan Januari hinggga Maret., setelah itu,  barulah dilanjutkan dengan Pentahapan Ujian Sekolah.

 

Untuk Ujian sekolah ada ujian Praktek dan Ujian Tertulis, dimana untuk Ujian Praktek ada 7 mata pelajaran yang diujikan, sementara untuk ujian  tertulis,  jadwalnya  dimulai dari Senin, (22/4/2024) – Sabtu, (27/4/2024).

 

Adapun jumlah peserta siswa yang mengikuti Ujian Sekolah SMP Negeri 1 Tahun Ajaran  2023/2024 adalah  sebanyak : 187 siswa yang dikelompokkan menjadi 10 Ruangan Ujian.

Lethulur mengungkapkan, untuk pelaksanaaan Ujian Sekolah  di SMP Negeri 1 Seram Barat masih menggunakan sistem manual belum menggunakan komputer pasalnya peralatan komputer masih terbatas.

 

” Kami melakukan secara pinsil dan kertas, artinya tidak mengggunakan fasilitas komputer, karena memang Kami masih terbatas dalam menggunakan peralatan computer, ” cetusnya

 

Lethulur merincikan, dari 10 mata pelajaran itu,  terbagi atas mata pelajaran eksakta  yang soalnya terdiri dari 40 Pilihan Ganda dan 5 Essay, sementara mata pelajaran Non Eksakta terdiri dari 50 soal Pilihan Ganda dan 5 Essay dengan lamanya waktu  pengerjaan soal adalah: 2 jam atau 120 menit.

 

 

Disingung mengenai harapannya, Lethulur berharap semua siswa dapat melewati Ujian.Sekolah dengan baik sehingga bisa berhasil 100 persen.

 

Untuk kelulusan di SMP Negeri 1 Seram Barat, Lethulur mensyaratkan 3 kriteria yakni : menyelesaikan seluruh program pembelajaran di sekolah mulai dari kelas, 7 sampai 9, yang kedua adalah, mencapai nilai minimal 70 sementara yang terakhir adalah mencapai nilai sikap baik. (SM-NKSBB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *