SABUROmedia, Ambon — Gubernur Maluku, Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail, membuka secara resmi Grand Opening Gedung Baru Pasar Mardika Ambon yang ditandai dengan hand Scanning dan pengguntingan pita, Kamis (18/4/2024).

 

Gedung baru Pasar Mardika ini dibangun pada 30 Desember 2021, kini menjadi pasar modern terbesar di Kota Ambon yang bisa menjadi ikon baru dengan desain yang modern dan memenuhi standar teknis agar dapat menjadi penggerak perekonomian di Provinsi Maluku yang lebih aman, sehat nyaman dan estetik.

 

Gedung 4 lantai ini dapat menampung kurang lebih 1.895 pedagang, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti eskalator, lift, ruangan IT, pengelolaan sampah. Sesuai desain, pasar tradisional modern ini akan menampung pedagang sayur, ikan, daging, buah-buahan, serta pedagang yang menjual pakaian dan kebutuhan pokok lainnya, juga dilengkapi dengan ruang puja sera, pedagang makanan siap saji, dan pedagang barang elektronik.

 

Gubernur dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat melalui Balai Sarana Prasarana Wilayah Maluku, yang telah membantu pemerintah dan masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon, dalam menyediakan gedung baru pasar Mardika, guna menunjang kelancaran aktivitas perdagangan, di wilayah ini.

 

Ia meminta kepada pengelola, para pedagang, dan masyarakat yang berkunjung agar dapat menjaga pasar agar tetap bersih, aman dan nyaman.

 

“ Jadikanlah, sebagai ikon pasar di Provinsi Maluku, karena termasuk pasar dengan kategori ber-Standar Nasional Indonesia (SNI),” imbau Gubernur.

 

Mantan Dankor Brimob Polri ini juga menegaskan, setelah beroperasinya gedung baru, pasar mardika ini, tidak lagi ada kelompok – kelompok, atau orang tertentu, yang mencari keuntungan sendiri di pasar mardika, dengan cara melakukan pungutan-pungutan liar, yang memberatkan para pedagang, sehingga berdampak pada naiknya harga-harga barang kebutuhan pokok, yang semestinya tidak perlu terjadi.

 

Turut hadir dalam acara Grand Opening, Forkopimda Provinsi Maluku diantaranya Kapolda Maluku. Hadir pula, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Sekretaris Daerah Maluku, Pimpinan Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Penjabat Bupati Maluku Tenggara, Ketua DPRD Kota Ambon, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Lembaga Vertikal Provinsi Maluku, Ketua Dharma Wanjta Persatuan Maluku, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan ke dalam lokasi-lokasi kios oleh Gubernur dan rombongan. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *