SABUROmedia, Ambon — Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali Ie., M.Si, IPU membuka kegiatan Forum OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Tahun 2024, di Hotel Manise Ambon, pada Kamis (28/3/2024).

 

Pelaksanaan kegiatan ini di bawah sorotan tema, “Sinergitas Perencanaan Antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota, dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Urusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana guna terwujudnya Penguatan Fondasi Transformasi melalui Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

 

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil Dirjen Dukcapil Kemendagri, A. S. Tavipiyono, Kasubdit Pengendalian Penduduk dan KB Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Rezha Pranatama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku beserta jajaran, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota, Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, beserta Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota.

Sekda atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dalam sambutannya, memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksananya forum ini sebagai wujud kerja bersama, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

“ ini dinas yang menangani urusan hidup dan mati manusia. Dinas ini juga yang menentukan keberadaan demokrasi lima tahun kedepan. Salah satu penduduk tidak tercatat sebagai peserta itu mengabaikan hak politik warga negara yang sudah berhak menyalurkan hak pilihnya. Makanya dinas ini sangat prinsip, peran penting dalam membangun keberadaan bangsa ini,” tegas Sekda.

 

Ia pun berharap, forum ini dimanfaatkan peserta untuk saling tukar pikiran, pengalaman dan membuat kesepahaman dalam menjalankan tugas dan fungsi Dinas Catatan Sipil dalam rangka mengembangkan pembangunan.

 

“ Saya lihat, seluruh peserta dari kabupaten/kota datang lengkap. Hal ini menunjukkan sinergitas kebersamaan kita terutama Dinas Catatan Sipil dalam melaksanakan tugasnya yaitu pelayanan masyarakat,” ujar Sekda.

 

Kebersamaan dan sinergitas antara peserta dari berbagai kabupaten/kota termasuk Dinas Catatan Sipil, menunjukkan komitmen dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, semangat kolaboratif terus terjaga dan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat secara luas.

 

“ Semoga hasil dari pada forum ini dapat melahirkan rekomendasi dalam menuju tema besar yang hari ini kita bahas bersama. Dan apa yang kita lakukan hari ini sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara, dalam memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat terutama Provinsi Maluku,” tandas Sekda. (SM-BAPSM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *