SABUROmedia, Ambon — Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd menerima secara simbolis Barang Prasarana dan Sarana TPS 3R dan juga Barang Kegiatan SANIMAS dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang berlangsung di Ruang Rektor Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (20//2024).

 

Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Nur Aida Kubangun., S.Pd., M.Pd., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistim Informasi, Dr. Ruslan H. S. Tawari., M.Si., Kepala Satker BPPW Maluku, Riduan Kristian P. Manik., S.Kom., ST., M.Si dan PPK Sanitasi Maluku, Marthinus Latumahina., ST.

 

Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

 

SANIMAS atau Sanitasi Berbasis Masyarakat merupakan program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi khususnya pengelolaan air limbah yang diperuntukkan bagi kawasan padat kumuh miskin perkotaan dengan menerapkan pendekatan pemberdayaan masyarakat.

 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy., M.Pd mengatakan saat ini permasalahan sampah sering terjadi dilingkungan masyarakat, dan karena itu Universitas Pattimura dipilih sebagai salah tempat untuk pengelolaan sampah. Selain itu juga Sanitasi atau SANIMAS perlu dijaga dengan baik melalui pengelolaan sampah.

 

Dijelaskan bahwa, Unpatti sudah membentuk tim yang akan mengelola tempat dan alat, tetapi juga untuk mengelola permasalahan sampah berbasis SANIMAS.

 

“ Kampus/perguruan tinggi merupakan sebuah lembaga pendidikan yang didalamnya terdapat para akademisi dan pegawai tetapi juga masyarakat umum. Hal ini tentu membuat berbagi macam sampah berada dimana-mana. Dan karena itu melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka diharapkan agar semua peralatan yang ada pada wilayah Unpatti dapat dikelola dengan baik sehingga mampu mengurangi permasalahan sampah dikampus”, harap rektor.

 

Dikesempatan yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku, Reza Rizka Pratama., ST mengatakan, “ Hari ini kami melakukan suatu agenda berupa serah terima fasilitas prasarana Pengelolaan Sampah TPS3R untuk kawasan Universitas Pattimura”, dengan harapan agar infrastruktur yang dibangun saat ini dapat bermanfaat dan berfungsi bagi kawasan kampus Universitas Pattimura, serta dapat dikelola dengan baik sehingga mengurangi masalah persampahan dikawasan kampus Universitas Pattimura.

 

Beliau menambahkan, untuk SANIMAS dipusatkan pada kompleks Asrama Putera dan Puteri Universitas Pattimura dengan tujuan untuk mengelolah air limbah sehingga terjadi peningkatan kualitas lingkungan yang lebih baik.

 

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Serah Terima Barang Prasarana dan Sarana TPS 3R dan juga Barang Kegiatan SANIMAS. (SM-HumasUPT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *